IDWS.ID

Bisnis

Jack Dorsey Secara Mengejutkan Mundur dari Jabatannya Sebagai CEO Twitter

30 Nov 2021

Secara mengejutkan, co-founder Twitter Jack Dorsey mengumumkan dirinya mundur dari jabatannya sebagai CEO Twitter pada Senin (29/11/2021) malam.

IDWS, Selasa, 30 November 2021 - CTO Twitter, Parag Agarwal, resmi menggantikan peran Dorsey sebagai CEO media sosial berlogo burung biru itu.

"Saya ingin Anda semua tahu bahwa ini adalah keputusan saya dan saya memilikinya. Itu adalah hal yang sulit bagi saya, tentu saja. Saya sangat menyukai layanan dan perusahaan ini," ujar Dorsey dalam pengumuman yang ia unggah di akun Twitter-nya, @jack.

Meski sudah mundur sebagai CEO, Dorsey akan tetap menjadi anggota dewan Twitter hingga rapat pemegang saham berikutnya pada 2022 sebelum kemudian dia mengaku ingin meninggalkan dewan.

"Dan setelah itu... aku akan meninggalkan dewan. Mengapa tidak tinggal atau menjadi ketua? Saya percaya sangat penting untuk memberikan Parag ruang yang dia butuhkan untuk memimpin," pungkas Dorsey.

Jack Dorsey sendiri sebelumnya merangkap jabatan sebagai CEO Square, perusahaan penyedia layanan gesek kartu kredit lewat smatphone yang kemudian merambah ke usaha pinjaman untuk pengusaha kecil-menengah. Rangkap jabatan ini membuatnya dikritik lantaran dituduh menjadi biang kerok terus menurunnya performa Twitter dalam setahun terakhir, kalah dari Instagram dan TikTok.

Dorsey mendirikan Twitter pada 2006 silam bersama Biz Stone, Evan Williams, dan Noah Glass. Bertahun-tahun lamanya ia telah menahkodai Twitter melewati berbagai masa sulit, salah satunya adalah gejolak pemerintahan era Donald Trump di mana Twitter akhirnya memblokir Trump dari platformnya setelah serangan 6 Januari di Capitol, Amerika Serikat.

 

(Stefanus/IDWS)


Foto fitur: REUTERS

Share    

IDWS Promo