IDWS.ID

Bisnis

Facebook (Meta) Kebakaran Jenggot, Ada Perusahaan Lain yang Lebih Dulu Daftarkan Merek Dagang 'META'

04 Nov 2021

Sepertinya misi Mark Zuckenberg mengubah nama korporasi Facebook menjadi Meta tidak berjalan mulus, karena ternyata sudah ada pihak lain yang mendaftarkan merek dagang "Meta" sebelum Facebook.

IDWS, Kamis, 4 November 2021 - Pada Agustus 2021 lalu, pendiri dari perusahaan bernama Meta PC mengajukan merek dagang "Meta" untuk bisnis komputer, laptop, tablet, software, dan berbagai perangkat terkait tekonologi digital — bidang usaha Facebook.

Sedangkan Facebook sendiri mengumumkan pergantian nama korporasi dari Facebook menjadi Meta pada akhir Oktober lalu.

Kepada TMZ, duo pendiri Meta PC yakni Joe Darger dan Zack Shutt mengaku bahwa mereka sudah mengoperasikan Meta PC selama kurang lebih setahun, namun baru pada Agustus tahun ini mereka mengajukan dokumen legal untuk menggunakan merek Meta sebagai brand.

 

Pendiri Meta PC, Joe Darger dan Zack Shutt. (TMZ)

Meski pengajuan tersebut belum disetujui, namun Meta PC tetap lebih dulu mendaftarkan merek dagang dengan nama Meta, sehingga seharusnya mereka lebih diprioritaskan. Meski begitu, Joe Darger dan Zack Shutt mengungkapkan bahwa mereka rela melepas hak menggunakan merek dagang Meta apabila Zuckenberg mau menebusnya dengan uang sejumlah USD 20 juta atau sekitar Rp 287 miliar.

Nilai tersebut terkesan gila-gilaan. Akan tetapi menurut Darger dan Shutt, menyerahkan merek dagang Meta sama saja dengan membranding ulang keseluruhan perusahaan mereka (Meta PC), yang tentunya menghabiskan biaya.

Terlepas dari perseteruan merek dagang Meta ini, Meta PC telah meraup keuntungan dari pengumuman perubahan nama korporasi dari Facebook. Akun Meta PC di berbagai platform sosial media disebut mengalami peningkatan jumlah pengikut mencapai 5.000 persen sejak akhir Oktober hingga sekarang.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: TMZ

Share    

IDWS Promo