Seluruh Gerai Giant di Indonesia Akan Tutup pada Akhir Juli 2021, Lima di Antaranya Akan Dirubah Jadi IKEA
PT. Hero Supermarket Tbk mengumumkan akan menutup seluruh gerai supermarket Giant di Indonesia pada akhir Juli 2021.
IDWS, Rabu, 26 Mei 2021 - Di saat yang sama, perseroan tersebut juga menyatakan akan lebih berfokus pada tiga merek dagang, yakni IKEA, Guardian, dan Hero Supermarket.
Menurut laporan Kompas.com, berita tersebut diumumkan pada Selasa (25/5/2021) oleh Presiden Direktur Hero Supermarket, Patrik Lindvall. Alasannya, tiga merek dagang yang disebutkan di atas memiliki potensi pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan Giant.
Rencananya, perseroan akan mengubah lima gerai Giant menjadi IKEA sebagai bagian dari fokus baru ini. Sayangnya gerai-gerai sisanya kemungkinan besar akan tetap ditutup meski menurut Patrik, negosiasi terkait potensi pengalihan kepemilikan sejumlah gerai itu kepada pihak ketiga masih berlangsung.
"Hal tersebut diharapkan dapat menambah aksesibilitas bagi pelanggan," tutur Patrik dalam siaran pers, Selasa (25/5/2021), seperti dikutip dari Kompas.com.
Perseroan disebut juga tengah mempertimbangkan untuk mengubah beberapa gerai Giant menjadi Hero Supermarket, akan tetapi melihat lesunya bisnis supermarket belakangan ini karena pandemi COVID-19, agaknya hal itu tidak mudah untuk diwujudkan.
Lima gerai Giant di Indonesia akan dirubah menjadi IKEA seiring dengan rencana penutupan seluruh gerai Giant di Tanah Air pada akhir Juli 2021. (PT Hero Supermarket Tbk)
Dalam kurun waktu dua tahun, kata Patrik, Hero Supermarket menargetkan akan menggandakan empat kali lipat jumlah gerai IKEA dibandingkan tahun 2020. Lalu, Hero Supermarket juga berencana membuka 100 gerai Guardian baru hingga akhir tahun 2022.
Menurut Patrik, perseroan terus beradaptasi terhadap dinamika pasar dan tren pelanggan yang terus berubah, termasuk turunnya popularitas format hypermarket dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia. Pihaknya tetap meyakini bahwa sektor peralatan rumah tangga, kesehatan dan kecantikan, serta keperluan sehari-hari untuk kelas atas memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi.
Ia pun mengucapkan terima kasih kepada para karyawan, pelanggan, serta mitra bisnis yang telah mendukung bisnis Giant selama ini. Patrik memastikan, proses komunikasi dengan semua karyawan yang terdampak oleh perubahan ini akan berlangsung dengan penuh empati dan rasa hormat.
"Kami juga akan memastikan proses yang adil bagi semua mitra bisnis kami," lanjut Patrik.
Patrik menuturkan, keputusan besar seperti ini tidaklah mudah, tetapi dia percaya hal ini perlu diambil untuk kepentingan jangka panjang Hero Supermarket dan para karyawan di bawah naungan perusahaan.
(Stefanus/IDWS)
Sumber: Kompas.com