IDWS.ID

Berita Nasional

Waduh, Jakarta akan Gelap Gulita Pada Sabtu Malam

27 Mar 2015

Pada penyelenggaraan Earth Hour, sebanyak lima ikon Jakarta akan dipadamkan listriknya, Sabtu (28/3/2015). Warga diimbau untuk mematikan lampu dan perangkat listrik lainnya pada pukul 20.30 -21.30 WIB.

Hal ini disampaikan Direktur Komunikasi dan Advokasi WWF-Indonesia Nyoman Iswarayoga, Kamis (26/3/2015).

‘Lima ikon Jakarta yang akan dipadamkan adalah Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Bundaran Hotel Indonesia dan air mancurnya, kawasan Monas tanpa tugunya, air mancur Arjuna Wiwaha di dekat Indosat, dan Patung Pemuda,’ kata Nyoman.

Kendati demikian, lanjut Nyoman, gedung-gedung lain juga akan dimatikan listriknya. Sebab, Earth Hour diadakan bukan hanya sekadar mematikan lampu selama lima jam. Tetapi mengajak warga untuk bisa berhemat dalam penggunaan listrik.

Selain itu, kata Nyoman, tahun ini tidak ada acara seremonial pemadaman lampu oleh Gubernur DKI Jakarta.

Padahal, di tahun-tahun sebelumnya, biasanya Gubernur memadamkan lampu secara simbolis, seperti yang pernah dilakukan Fauzi Bowo dan Joko Widodo.

Di sisi lain, ia meminta Gubernur DKI Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama untuk tidak mematikan seluruh penerangan jalan umum (PJU) serta lampu-lampu di jalan layang. Sebab, hal itu justru akan memicu kriminalitas.

‘Kemarin Pak Gubernur ingin agar PJU juga dimatikan, tetapi kami ingatkan juga agar lampu jalan jangan dimatikan semua, diselang seling saja, karena kan berkaitan dengan keselamatan pengguna jalan juga. Tetapi sejauh ini kami belum pernah dapat laporan adanya hal-hal yang tidak diinginkan,’ kata Nyoman.

Lampu jalan di jalan layang yang akan dipadamkan saat Earth Hour seperti di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin, lampu di sepanjang Jalan Gatot Subroto-Jalan HR Rasuna Said, serta lampu papan reklame milik Pemprov DKI Jakarta.

Ditemui di kesempatan lain, Basuki mengaku Pemprov DKI telah mengimbau kepada pemerintah kota administrasi serta kabupaten untuk mematikan lampu kantornya pada jam tersebut.

Selain itu, Pemprov DKI juga telah mengirim surat instruksi serupa kepada pusat belanja yang ada di Jakarta.

‘Kami akan mengimbau orang-orang di gedung utama matiin lampu selama satu jam. Lampu jalan ada beberapa mungkin enggak dimatikan, kami atur,’ kata Basuki

Share    

IDWS Promo