IDWS.ID

Berita Nasional

Presiden Jokowi Jadi Sorotan Karena Kunjungi Tanah Abang Tanpa Masker, Ini Kata Menkes

02 Jan 2023

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah jadi sorotan lantaran tidak mengenakan masker saat berkeliling meninjau Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

IDWS, Senin, 2 Desember 2023 - Peninjauan tersebut dilakukan Jokowi usai menyabut kebijakan PPKM. Dengan tidak mengenakan masker, Jokowi seolah menegaskan bahwa PPKM telah benar-benar berakhir.

Mengutip laporan detikcom, kunjungan Jokowi ke Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, ini merupakan yang pertama sejak PPKM dicabut pada Jumat (30/12/2022) lalu. Jokowi menyapa para pedagang pasar ditemani Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

Jokowi bertanya kepada para pedagang mengenai kondisi saat ini. Sebelum meninggalkan lokasi, Jokowi juga sempat membagikan bantuan kepada warga yang telah menunggu di luar pasar.

 

Presiden Joko Widodo didampingi Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kiri) meninjau Pasar Tanah Abang di Jakarta, Senin (2/1/2023). (detikcom/Sigid Kurniawan/Antara Foto)

Saat bertemu para pedagang pasar dan warga, Jokowi terlihat tak memakai masker. Jokowi memang belakangan ini sering tak memakai masker saat kunjungan kerja ke beberapa tempat menyusul angka kasus COVID-19 melandai.

Menanggapi sorotan terhadap Jokowi terkait tidak mengenakan masker saat berkunjung ke pusat grosir pakaian terbesar di Asia Tenggara tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi pun memberi tanggapannya.

"Kembali lagi itu Bapak Presiden menunjukkan bahwa memang partisipasi masyarakat atau kesadaran masyarakat itu penting, beliau mungkin merasa beliau sehat," kata Budi kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/1/2023), dikutip dari detikcom.

Budi Gunadi menyebut bahwa kondisi Presiden Jokowi sehat selama melakukan kunjungan.

"Saya nggak tahu apakah pasarnya tadi apakah terbuka atau tertutup, kalau itu terbuka beliau merasa 'ah aman-aman saja'. Tapi memang saya sih, kalau misalnya kerumunan, ruangan tertutup, ada orang batuk saya anjurkan," imbuh Budi.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: detikcom

Share    

IDWS Promo