IDWS.ID

Berita Nasional

Jika Dijual, Berapa Harga Monas?

19 Mar 2015

Siapa yang tidak mengenal Monas? Monumen paling terkenal di Indonesia ini dibuat sebagai simbol perjuangan perebutan kemerdekaan oleh rakyat Indonesia. 


Nilai sejarahnya tentu tidak ternilai, namun bagi yang penasaran dengan nilai harganya saat ini, portal properti Indonesia Lamudi telah menghitung estimasi nilai harga Monas untuk Anda dan harga yang didapatkan adalah sebesar Rp 32,4 triliun.

Lahan seluas 80 hektare (ha) tempat Monas berada, yang disebut Lapangan Merdeka, merupakan bagian yang paling mahal dari monumen ini, yaitu seharga Rp 32 trilliun. Pada tahun 1975, biaya konstruksinya saat itu menghabiskan sekitar Rp 7 miliar, namun jika dikalkulasikan setelah inflasi, saat ini biaya tersebut setara dengan Rp 365,5 miliar.

‘Angka ini menunjukkan, bahwa tidak saja Monas memiliki nilai sejarah yang tidak ternilai harganya, namun dalam hitungan moneter, Monas juga memiliki nilai yang sangat besar,’ ungkap Managing Director Lamudi Indonesia Karan Khetan di Jakarta, Kamis (19/3/2015)

Monas dibangun hanya dalam kurun satu setengah dekade setelah kemerdekaan Indonesia. Komite pembangunan Monas mengadakan kompetisi untuk mendesain monumen ini, namun pemerintahan saat itu tidak bisa membiayai hasil desain yang menjadi pemenang.

Tapi berkat tekad yang keras dari pemerintah dan sumbangan dari masyarakat Indonesia, Monas berhasil dibuka untuk umum pada tahun 1975, 14 tahun setelah pembangunannya dimulai. Mereka menggunakan hasil desain dari pemenang kompetisi, Frederich Silaban, dengan perbaikan dari R.M Soedarsono. 

Share    

IDWS Promo