IDWS.ID

Berita Nasional

Gempa 5,6 Magnitudo di Cianjur Senin Siang Ini Terasa Hingga Ibu Kota

21 Nov 2022

Gempa berkekuatan 5,6 magnitudo terjadi di Sukabumi, Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022) siang ini dan terasa hingga ibu kota Jakarta.

IDWS, Senin, 21 November 2022 - Gempa tersebut tepatnya terjadi pada pukul 13.21 WIB dengan kedalaman sekitar 10 kilometer menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Ketua BMKG menjelaskan bahwa gempa tersebut disebabkan oleh patahan geser Sesar Cimandiri yang kembali bergerak.

"Jadi yang baru saja terjadi pada posisi di sekitar Sukabumi, Cianjur di sekitar wilayah daerah tersebut dan merupakan gempa yang diakibatkan patahan geser dengan magnitudo 5,6," kata Dwikorita ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin, seperti dikutip dari Kompas.com.

Dwikorita sejatinya tengah menghadiri rapat di Komisi V DPR membahas isu terkini dan potensi bencana. Namun rapat dihentikan karena gempa dari Sukabumi itu terasa hingga Gedung DPR.

Di sisi lain, sebuah toko emas bernama "Ibu Kota" di Cianjur rubuh akibat gempa pada Senin siang ini.

 

Sebuah toko emas bernama Ibu Kota ambruk usai gempa M 5,6 yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).(KOMPAS.com/Firman)

Toko itu terletak di Jalan Mangunsarkoro, pusat kota Cianjur. Dari laporan petugas kepolisian di lokasi, dua pelanggan toko tersebut tertimpa reruntuhan hingga mengalami luka serius dan harus dilarikan ke rumah sakit. Dua korban yaitu seorang ibu dan perempuan muda. Sementara beberapa karyawan toko terlihat sudah berada di trotoar. Petugas polisi dan Satpol PP sudah berada di lokasi untuk mengamankan situasi.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com 1/2

Share    

IDWS Promo