IDWS.ID

Berita Nasional

Pemuda Penjual Es di Madiun Ditangkap karena Diduga Hacker Bjorka

15 Sep 2022

Seorang pemuda berinisial MAH (21), warga Madiun, ditangkap Polres Madiun pada Rabu (14/9/2022) karena diduga merupakan sosok hacker Bjorka yang belakangan ini meresahkan Pemerintah Indonesia karena aksi-aksi pencurian data.

IDWS, Kamis, 15 September 2022 - Penangkapan MAH dikonfirmasi oleh Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, yang menjelaskan bahwa penangkapan itu dilakukan di wilayah Madiun, Jawa Timur, pada Rabu malam kemarin sekitar pukul 18.30 WIB.

MAH diketahui ditangkap di kediamannya di Dusun Mawatsari, Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

“Untuk yang di Madiun sedang didalami terkait menyangkut masalah yang bersangkutan. Semua tim masih bekerja semuanya timsus,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (15/9/2022), dikutip dari Kompas.com.

 

Seorang pemuda berinisial MAH diperiksa di Polsek Dagangan-Madiun. Pemuda yang kesehariannya berjualan es itu ditangkap lantaran diduga sebagai sosok bjorka, Rabu (14/9/2022) malam. (KOMPAS.COM/MUHLIS AL ALAWI)

MAH diketahui sehari-hari bekerja membantu orangtuanya di berjualan es di depan pasar, menurut Kades Banjarsar Kulon Bambang Hermawan.

Di sisi lain, Polri ternyata belum memastikan bahwa MAH adalah hacker Bjorka yang diketahui telah mengklaim mencuri data pribadi 1,3 miliar warga Indonesia lewat registrasi kartu SIM card. Hingga berita ini ditulis, MAH masih diperiksa secara intensif oleh tim khusus bentukan pemerintah.

Menariknya, MAH saat ini masih berstatus saksi meski ia "ditangkap" paksa oleh petugas kepolisian.

"Belum disimpulkan seperti itu (hacker Bjorka), karena masih didalami timsus. Saya tidak berkompeten menjelasakan sebelum timsus nanti telah selesai bekerja," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo  kepada wartawan, Kamis (15/9/2022), dikutip dari laporan Suara.com.

Hasil daripada pemeriksaan, kata Dedi, nantinya akan disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD.

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com, Suara.com

Share    

IDWS Promo