IDWS.ID

Berita Nasional

Kominfo Bersedia Buka Pemblokiran Steam, PayPal, Epic Games Store, dan Lain-lain Namun Ada Syaratnya

30 Jul 2022

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berjanji bakal membuka blokir PayPal, Epic Games, Yahoo, Stream hingga Dota 2 dengan satu syarat.

IDWS, Sabtu, 30 Juli 2022 - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan syaratnya adalah platform tersebut harus melakukan pendaftaran sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dengan sah.

"Bisa (dibuka blokirnya) kalau memang terbukti mereka sudah daftar dengan memberikan data yang benar," ujarnya pada Sabtu (30/7/2022) seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

Samuel menyebutkan saat ini setidaknya ada delapan platform yang diblokir Kominfo lantaran belum mendaftar PSE hingga tenggat waktu yang diberikan yaitu 29 Juli 2022 pukul 23.59 WIB,

Berdasarkan keterangan Samuel, delapan situs atau aplikasi ini adalah Yahoo search engine, Steam, Dota2, Counter-Strike, Epic Games, Origin.com, Xandr.com dan Paypal.

 

(Steam/Valve)

Menurut Semuel, tak akan lama bagi pihaknya membuka blokiran jika syarat yang ditetapkan bisa dibuktikan yakni mendaftar di website PSE Kominfo.

"Kalau proses normalisasi (buka blokir) sebentar, dalam 10-30 menit," jelasnya.

Adapun pendaftaran PSE ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Berdasarkan pantauan di pada Sabtu (30/7) sebelum pukul 06.00 WIB, tiga pendaftar terakhir di situs Kominfo adalah Microsoft Bing, Paypal, dan Battle.net,sementara platform DoTA maupun Steam belum terlihat di pendaftar terbaru.

Namun, daftar ini berubah pada Sabtu siang, dengan PayPal masuk daftar situs yang dihentikan sementara.

 

Artikel Asli

Share    

IDWS Promo