IDWS.ID

Berita Nasional

Promo Minuman Beralkohol Libatkan Dua Nama Orang Suci, Holywings Indonesia Dilaporkan ke Polisi

24 Jun 2022

Holywings Indonesia jadi kontroversi setelah meluncurkan promosi minum alkohol gratis setiap Kamis bagi orang-orang yang memiliki Muhammad dan Maria.

IDWS, Jumat, 24 Juni 2022 - Promo tersebut, tidak mengejutkan tentunya, langsung dianggap melecehkan dua nama tokoh orang suci dari dua agama di Indonesia.

"Di mana...? Nama-nama ini dapat botol [minuman alkohol] gratis! Setiap Kamis! Bunyi iklan tersebut dalam Bahasa Inggris.

Atas promosi yang dinilai melecehkan dua nama orang suci dari dua agama berbeda itu, Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) melaporkan manajemen Holywings Indonesia terkait dugaan kasus penistaan agama ke Polda Metro Jaya pada Kamis (23/6/2022).

"Saya bersama tim Himpunan Advokat Muda Indonesia sudah melaporkan adanya dugaan penistaan agama yang kami duga dilakukan oleh salah satu manajemen kafe," ujar Sunan Kalijaga, Ketua Umum HAMI dalam keterangannya seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (24/6/2022).

Laporan tersebut teregistrasi dengan nomor LP/B /3135/VI/2022/SPKT/Polda Metro Jaya. Dalam laporan itu, pihak pelapor bernama Firmansyah yang merupakan anggota HAMI.

Menurut Sunan, organisasinya melaporkan manajemen Holywings Indonesia atas dugaan ujaran kebencian terhadap individu atau kelompok berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Terlapor disangkakan dengan Pasal 28 Ayat 2 juncto Pasal 45 Ayat 2 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), dan atau Pasal 165 a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

"Kami sangat menyayangkan promo tersebut yang jelas-jelas terpampang nyata melukai hati umat muslim dan nasrani," kata Sunan.

 

Promosi minuman beralkohol gratis bagi pemilik nama Muhammad dan Maria dari Holywings. (Holywings Indonesia/tvonenews.com)

 

Holywings Indonesia minta maaf

Terkait pelaporan dari pihak HAMi, manajemen Holywings Indonesia meminta maaf atas kegiatan promosi minuman beralkohol yang membawa nama Muhammad dan Maria. Permintaan maaf tersebut disampaikan dalam unggahan akun Instagram resmi Holywings Indonesia @HolywingsIndonesia pada Kamis (23/6/2022).

 

Permintaan maaf dari Holywings Indonesia terkait promo minuman beralkohol yang menyertakan nama Muhammad dan Maria. (Instagram @Holywingsindonesia)

"Kami meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia," ujar manajemen Holywings Indonesia.

Manajemen Holywings berdalih bahwa kegiatan promosi minuman beralkohol untuk orang-orang bernama Muhammad dan Maria itu dijalankan oleh tim promosi tanpa sepengetahuan manajemen Holywings Indonesia dan kini telah ditindaklanjuti manajemen dengan memberi sanksi berat terhadap tim yang membuat promosi tersebut. Mereka juga menegaskan tidak bermaksud mengaitkan unsur agama dengan kegiatan promosi minuman beralkohol.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com 1/2, Instagram @Holywings,

Share    

IDWS Promo