IDWS.ID

Berita Nasional

Eril Putra Ridwan Kamil Telah Dimakamkan di Pemakaman Cimaung Hari Senin Ini

13 Jun 2022

Emmeril Kahn Mumtadz Alias Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, telah dimakamkan di pemakaman keluarga di Cimaung, Jawa Barat, Pada Senin (13/6/2022).

IDWS, Senin, 13 Juni 2022 - Jenazah Eril tiba di pemakaman Cimaung sekitar pukul 11.00 WIB dari Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat sebelum kemudian peti jenazah ditandu oleh sejumlah petugas menuju liang lahat yang sudah dipersiapkan.

Di sisi liang lahat, terlihat keluarga Eril telah menunggu kedatangan peti jenazah Eril. Terlihat sang ayah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, sang ibu Atalia Praratya, dan adiknya Zahra berada di sisi makam. Sang adik Zahra terlihat membawa foto Eril untuk ditempatkan di makam Eril. Azan pun dikumandangkan sebelum peti jenazah Eril dimasukkan ke liang lahat. Setelah itu, peti jenazah Eril dimasukkan secara perlahan oleh petugas. Kemudian, Ridwan Kamil memasukkan tanah pertama ke liang lahat Eril hingga diteruskan oleh petugas lainnya.

 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, memasukkan tanah pertama di liang lahad sang putra, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, Senin (13/6/2022). (Tangkapan layar kanal YouTube Humas Jabar)

Setelah selesai, tabur bunga pun dilakukan pertama kali oleh keluarga inti Eril, yakni Ridwan Kamil, Atalia, dan Zahra. Tampak juga adik bungsu Eril, Arkana digendong Atalia untuk ikut menaburkan bunga pertama di makam Eril. Setelah doa bersama selesai dilakukan, Ridwan Kamil tampak memberikan beberapa pernyataan dalam prosesi pemakaman Eril.

 

 

Dari Bern ke Bandung

Eril hanyut saat berenang di Sungai Aare di Bern, Swiss, pada Kamis (26/5/2022) dan ditemukan dalam keadaan meninggal pada Rabu (8/6/2022) oleh seorang warga Bern bernama Gerladine Beldi yang berprofesi sebagai seorang guru.

Jenazah Eril yang diterbangkan ke Indonesia dari Bern, Swiss, menggunakan pesawat Qatar Airlines tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 15.30 WIB bersama Ridwan Kamil. Di bandara, keluarga Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) langsung melakukan prosesi serah terima jenazah Eril selama 30 menit lamanya.

Dalam prosesi serah terima tersebut, beberapa pejabat publik turut hadir memberikan belasungkawa terhadap sang Gubernur Jawa Barat. Di antaranya ada Menteri BUMN, Erick Thohir; Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno; Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki; hingga Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

Jenazah Eril tiba di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat, pada pukul kurang lebih pukul 20.00 WIB. Dalam mobil jenazah, sosok Gubernur Jawa Barat sempat terlihat dan sempat melambaikan tangan kepada masyarakat yang ada di sekitar lokasi Gedung Pakuan.

Sekitar ratusan warga pun menyambut jenazah sang putra Gubernur Jabar tiba di rumah duka di Gedung Pakuan Bandung. Peti jenazah Eril kemudian diangkut dari mobil jenazah ke dalam Gedung Pakuan oleh beberapa petugas keamanan. Sesampainya di dalam Gedung Pakuan, lantunan sholawat Nabi terdengar dari anak-anak yang berada di ruang utama Gedung Pakuan.

Dalam tayangan Kompas TV, terlihat peti jenazah Eril berada di ruang utama Gedung Pakuan dan menunggu untuk disholatkan.Kemudian, Ridwan Kamil datang setelah para keluarga telah siap untuk melakukan sholat jenazah untuk Eril.

Setelah semua siap, Ridwan Kamil sempat memberikan pernyataan kepada para keluarga dan kerabat dekat yang berada di ruang utama Gedung Pakuan. Setelah itu, barulah sang ayah dari Eril memimpin untuk melangsungkan sholat jenazah. Setelah sholat jenazah selesai, terlihat seorang ustaz turut memimpin mendoakan jenazah Eril.

Sementara, terlihat para pelayat dari masyarakat sekitar yang ingin ikut melangsungkan sholat jenazah, menunggu di luar Gedung Pakuan.

 

Emmeril Kahn Mumtadz dimakamkan pada hari Senin (12/6/2022) di Pemakaman Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (Tangkapan layar Humas Jabar)

Jenazah Eril kemudian dibawa ke Pemakaman Cimaung untuk dimakamkan pada Senin (12/6/2022) hari ini.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Tribunnews.com

Share    

IDWS Promo