IDWS.ID

Berita Nasional

Lalu Lintas Satu Arah Kembali Diberlakukan di Puncak Bogor, Jalan ke Jakarta Ditutup

04 May 2022

Polisi kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way di jalur wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (4/5/2022) atau hari ketiga Lebaran.

IDWS, Rabu, 5 Mei 2022 - Kebijakan satu arah tersebut diberlakukan sejak pukul 07.30 hingga waktu yang tidak ditentukan. Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan, sistem satu arah atau one way ini diberlakukan untuk mengurai kemacetan yang saat ini terjadi di jalur Puncak Bogor.

"Volume kendaraan yang mengarah ke Puncak sudah padat, sehingga kami harus melaksanakan one way ke arah atas," kata Iman di Pospol Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022), seperti dikutip dari Kompas.com.

Ia mengungkapkan bahwa rekayasa one way merupakan upaya mengurai kendaraan yang terhenti akibat meningkatnya volume wisatawan yang menuju ke atas Puncak. Menurut dia, polisi harus menghentikan kendaraan roda empat di sekitar Taman Safari hingga Puncak Pass.

Kendaraan roda empat yang hendak menuju Jakarta untuk sementara dihentikan atau jalur ke Jakarta ditutup. Pasalnya, saat ini arus kendaraan yang mengarah ke atas perlu diprioritaskan karena kondisinya Simpang Gadog sangat padat. Artinya, kata dia, sistem satu arah tersebut hanya berlaku untuk kendaraan ke arah atas atau menuju Puncak Pass Cianjur.

 

Situasi lalu lintas menuju Puncak, Bogor. Polres Bogor menerapkan sistem satu arah (one way) bagi kendaraan yang datang dari arah Jakarta, Rabu (4/5/2022).(Kompas.com/ANTARA/Abdu Faisal)

 

Ganjil genap tidak dilakukan

Adapun sistem ganjil genap, sambung Iman, tidak akan dilakukan saat ada potensi kepadatan kendaraan. Hal itu untuk menghindari kemacetan karena pemutarbalikan kendaraan yang tidak sesuai.

"Sampai dengan habis yang dari bawah (kepadatan kendaraan), baru nanti siang seperti kemarin kami berlakukan dari jam 2 sampai jam 5 sore, yaitu one way arah bawah (dari Jakarta)," ungkapnya.

 

Kondisi kemacetan di Simpang Gadog, Ciawi, atau Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (4/5/2022)(KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN)

Iman mengimbau kepada masyarakat yang akan menuju wilayah Cianjur ataupun Bandung bisa melalui jalur alternatif melalui Cibubur, Jonggol, Cariu. Ia berharap kepada masyarakat untuk dapat mengikuti aturan yang berlaku serta mengikuti arahan petugas di lapangan.

"Untuk menghindari kepadatan yang lebih parah di wilayah Puncak ini, kami sarankan melalui jalur alternatif," ujarnya.

 

Artikel Asli

Share    

IDWS Promo