IDWS.ID

Berita Nasional

Ramai Diperbincangkan Model KK Terbaru Mirip KTP, Benar Atau Tidak?

08 Jan 2022

Unggahan foto-foto Kartu Keluarga (KK) berbentuk seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) ramai diperbincangkan di media sosial oleh warganet.

IDWS, Sabtu, 8 Januari 2022 - Foto-foto KK berbentuk seperti KTP itu menurut laporan Kompas.com, awalnya diunggah oleh akun Facebook TARA STORE SANGKULIRANG pada Selasa (4/1/2022) dengan caption "Ini baru namanya kartu keluarga, yg kita punya itu nama nya surat keluarga."

Hingga artikel ini ditulis, unggahan tersebut telah disukai lebih dari 2.300 kali serta menuai 771 komentar dan dibagikan sebanyak lebih dari 26 ribu kali.

Dalam unggahan itu, terlihat sebuah foto yang memperlihatkan KK dalam bentuk kartu. Foto itu menunjukkan bagian depan dan belakang KK layaknya KK berbentuk surat pada umumnya. Bahkan, terdapat scan barcode di bagian depannya.

 

Tanggapan Dukcapil

Menanggapi isu mengenai KK berbentuk seperti KTP itu, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrullah menegaskan kepada Kompas.com pada Jumat (7/1/2022) bahwa KK berbentuk KTP itu tidak benar alias hoaks. Ia juga mengaku telah meminta ke kadisnya untuk melaporkan perihal pemberitaan palsu itu ke polisi untuk menindak pelakunya.

Sayangnya Zudan menolak mengungkapkan kepala dinas dukcapil daerah mana yang diminta untuk melaporkan pemberitaan palsu itu ke polisi.

 

Mengidentifikasi model KK terbaru

Perlu diketahui, termasuk KK, akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, akta pengakuan anak, dan akta pengesahan anak, kini telah mengadopsi model dokumen kependudukan terbaru. dikutip dari Kompas.com melansir Kontan, 6 Oktober 2021, ciri-ciri dokumen kependudukan model terbaru antara lain:

  • Tidak lagi dicetak di kertas khusus, namun di kertas HVS putih ukuran A4 80 gram
  • Tidak ada lagi tanda tangan basah pejabat Dukcapil
  • Tidak ada cap lembaga/instansi
  • Dilengkapi QR Code yang terhubung langsung dengan situs Dukcapil Kemendagri
  • Dokumen bisa dicetak sendiri dengan salinan digital yang diterima lewat e-mail.

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com

Share    

IDWS Promo