IDWS.ID

Berita Nasional

Dua YouTuber dihujat Netizen dan Masyarakat Setelah Bikin Konten Panggil Arwah Vanessa Angel di TKP Kecelakaan

08 Nov 2021

Dua YouTuber jadi bulan-bulanan netizen maupun masyarakat Indonesia karena membuat konten memanggil arwah Vanessa Angel di lokasi kejadian di mana Vanessa dan suaminya meninggal karena kecelakaan.

IDWS, Senin, 8 November 2021 - Video dari konten kontroversial itu mereka unggah di kanal YouTube Ki S**** P** sebelum kemudian dihapus karena dihujani hujatan dari banyak pihak.Mereka menyayangkan aksi kedua YouTuber tersebut karena membuat konten yang dinilai tidak sopan serta tidak berempati terhadap keluarga dan sahabat yang ditinggalkan oleh Vanessa Angel-Febry Andriansyah.

Meski telah dihapus, netizen sudah lebih dulu "mengamankan" barang bukti berupa tangkapan layar maupun mengunggah ulang video tersebut ke berbagai platform sosial media, membuat masyarakat luas mengecam aksi kedua YouTuber tersebut.

Pada akhirnya, mereka pun membuat klarifikasi dan meminta maaf.

“Ingin mengklarifikasi dan meminta maaf terkait kejadian konten yang telah kita buat. Dan juga kita selaku dari content creator sebenarnya datang ke tempat lokasi itu untuk mendoakan almarhum dan almarhumah,” kata salah satu Youtuber itu pada Minggu (7/11/2021), seperti dikutip dari wartaekonomi.co.id.

“Memang yang terjadi sebenarnya ada video kita yang dicuri atau dicomot sama content creator yang lain di berbagai aplikasi. Sehingga jadi ramai,” lanjut sosok bertopeng ini lagi.

“Jadi kita sekali lagi minta maaf atas kejadian yang sudah terjadi ini, terutama untuk keluarga besar almarhum dan almarhumah. Dan kita juga mengucapkan turut berbelasungkawa atas kejadian kecelakaan, dan mendoakan agar arwah mereka diterima di sisi-Nya” kata mereka.

Dalam video bertajuk“Nekat! Panggil Arwah Vanessa Angel di Tempat Terjadinya Kecelakaan Tol Jombang” itu, kedua YouTuber berpenampilan nyentrik tersebut mengklaim mendengar suara-suara janggal dari perangkat mirip radio yang mereka bawa.

Mereka menyebut terdengar suara-suara janggal dari perangkat ini, termasuk teriakan wanita dan bunyi mobil. Tak ayal, warganet pun menuliskan komentar pedas atas konten ini.

Vanessa Angel meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal. Mobil Pajero Sport yang ia naiki bersama keluarganya serta seorang asisten dan seorang sopir menabrak beton pembatas Tol Jombang, menewaskan Vanessa Angel dan suaminya Febry Andriansyah.

 

Dua YouTuber yang dikecam karena membuat konten memanggil arwah Vanessa Angel di lokasi terjadinya kecelakaan. (Tribunnews/istimewa)

 

Tanggapan keluarga dan sahabat

Terkait viralnya video memanggil arwah Vanessa Angel itu, adik kandung Febry Andriansyah, Fadil, mengaku tidak ambil pusing karena dirinya tidak percaya dengan konten-konten memanggil arwah.

"Ngapain bikin konten kayak gitu, tidak jelas menurut saya. Saya tidak percaya gitu-gituan. Itu di luar kapasitas saya, saya ga percaya gitu-gituan, terserah mereka-lah," kata Fadli Faisol, adik kandung Febri Ardiansyah (Bibi) kepada wartawan di RS Bhayangkara Polda Jatim, Minggu (7/11/2021) malam, dikutip dari detikcom.

Selain itu, Konten ini melukai hati sahabat-sahabat almarhumah Vanessa Angel. Aktris Emma Warokka turut mengecam video 'panggil arwah' tersebut. Menurutnya, pembuat konten tak menghargai kepergian almarhumah Vanessa dan almarhum Febri Ardiansyah.

"Astagfirullah, jahat banget. Itu parah banget, sih. Nggak suka banget aku kayak gitu," kata Emma saat berziarah ke makam Vanessa Angel di Taman Makam Islam Malaka, Pesanggrahan, Jakarta Selatan (Jaksel), Jumat (7/11/2021).

 

Dikecam MUI

Majelis Ulama Islam (MUI) juga turut menyayangkan konten video tak sopan dari duet YouTuber tersebut.

"Terkait adanya konten YouTuber yang melakukan pemanggilan arwah atas almarhumah Vanessa Angel, sungguh saya sangat menyayangkan dan menyesalkan masih ada orang-orang yang membicarakan saudaranya yang telah meninggal," kata Wasekjen MUI, Muhammad Ziyad, kepada wartawan, Minggu (7/11/2021).

Ziyad lantas menyebut hadis yang melarang setiap orang mencela mayat atau orang yang sudah meninggal. Dia mengatakan apa yang dilakukan YouTuber itu perbuatan tercela dan dilarang oleh agama.

"Sungguh apa yang dilakukan oleh siapa pun, yang membuat konten memanggil arwah, apa tujuannya, dan apa maksudnya. Nabi SAW mengatakan janganlah mencela mayit, karena mereka telah pergi untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah mereka perbuat, hadis ini sudah diceritakan secara jelas, kalau membicarakan orang meninggal itu tidak diperbolehkan. Hendaklah kita membicarakan yg baik baik saja, itu adalah bagian cara kita ber-husnuzon," ujarnya.

 

(stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo