IDWS.ID

Berita Nasional

Evakuasi Pesawat Sriwijaya Air Temukan Serpihan Pesawat dan Potongan Tubuh Manusia, Serta Hoaks Bayi Selamat dari Kecelakaan Itu

10 Jan 2021

Pencarian pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-182 membawa kemungkinan buruk, setelah puing-puing pesawat dan potongan tubuh manusia ditemukan.

IDWS, Minggu, 10 Januari 2021 - Tim gabungan yang mencari lokasi jatuhnya pesawat jenis Boeing 737-500 itu membawa pulang puluhan kantong berisi serpihan pesawat hingga potongan tubun manusia yang diperkirakan berasal dari penumpang pesawat naas tersebut.

Pencarian itu sendiri dilakukan di Kepulauan Seribu, lokasi di mana diperkirakan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 jatuh ke laut, tepatnya di sekitar Pulau Laki.

"Dari kegiatan hari ini hingga pukul 19.20 WIB tadi, Kita sudah mendapatkan 10 kantong berisi serpihan atau potongan dari badan pesawat, 16 bagian atau potongan besar, 10 kantong jenazah yang berisi bagian dari korban dan 5 potong pakaian," kata Kabasarnas, Marsdya Bagus Puruhito, di Pelabuhan JICT II, Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (10/1/2021), seperti dikutip dari detikcom.

 

Evakuasi Sriwijaya Air SJ182 di JICT 2 Jakarta (Azhar Bagas/detikcom).

 

Kotak hitam berhasil ditemukan

Sementara itu pencarian kotak hitam yang merupakan prosedur wajib dalam setiap kecelakaan pesawat juga sudah membuahkan hasil. Dilaporkan, kotak hitam dari pesawat Sriwijaya Air SJ-182 ditemukan oleh alat sensor dari KRI Rigel.

"Dan dalam pelaksanaan operasi SAR hari ini juga dari KRI Rigel telah berhasil mendeteksi adanya 2 pingker yang kita yakini adalah 2 black box. Kenapa kita meyakini, karena hanya ada 2 transmit emergency yang kita tangkap dan sampai saat ini kita laksanakan pencarian, dilaksanakan dengan penyelaman dan tadi kita tambahkan alat direction finder yang dibawa penyelam masuk supaya lebih akurat," ujar Bagus.

Selanjutnya, untuk pencarian besok, Bagus mengatakan tim gabungan akan menggunakan metode yang sama dengan hari ini. Hanya saja, besok akan ada pelebaran area pencarian

 

Hoaks foto bayi selamat dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air

Sebuah postingan tentang bayi selamat dalam kecelakaan pesawat Sriwijaya Air ramai beredar di aplikasi berbagi pesan Whatsapp dan aplikasi media sosial Facebook.

 

HOAKS Bayi disebut selamat dari kecelakaan Sriwijaya Air SJ182(Tangkapan layar Facebook)

Tangkapan layar tersebut menyertakan narasi: “BASARNAS, SAR, dan Team gabungan Angkatan Laut Berhasil mengevakuasi bayi salah satu korban dari Sriwijaya Air sj 182. Atas Kuasa Allah swt masih selamat dan Terombang ambing selaama 24 jam di lautan,” tulis narasi tersebut, seperti dikutip dari Kompas.com pada Minggu (10/1/2021).

Tangkapan layar tentang bayi yang selamat dalam kecelakaan Sriwijaya Air ini salah satunya diunggah oleh akun Facebook Aleng Narty.

Dari penelusuran Kompas.com, informasi akan bayi yang selamat dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air di sekitar Kepulauan Seribu pada 9 Januari 2021 kemarin itu tidaklah benar alias hoaks.

Foto yang beredar tersebut pernah beredar juga pada Oktober 2018 silam, dan diklaim sebagai foto bayi yang merupakan korban selamat dari kecelakaan Lion Air JT-610. Berita ini sendiri adalah hoaks menurut Kompas.com, yang memastikan bahwa foto bayi itu merupakan bayi yang selamat dari kejadian tenggelamnya kapal KM Lestari Maju di Perairan Selayar pada 3 Juli 2018.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo