IDWS.ID

Berita Nasional

IndoXXI Umumkan Situsnya Akan Tutup Pada 1 Januari 2020

24 Dec 2019

IDWS, Selasa, 24 Desember 2019 - Situs streaming film IndoXXI menyatakan akan menutup layanan mereka mulai 1 Januari 2020. IndoXXI mengungkap penutupan ini dilakukan untuk mendukung industri kreatif tanah air. Meski begitu, jelas bahwa pemicunya adalah wacana pemerintah untuk memberantas pembajakan dan pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

IndoXXI sebagai salah satu situs streaming dan unduh film-film bajakan populer di Indonesia pastinya masuk dalam daftar incaran pemerintah.

Berdasarkan survei YouGov, 63 persen konsumen daring di Indonesia menonton film lewat situs web streaming atau situs torrent. Situs IndoXXI (Lite) menjadi situs menonton film paling populer yang digunakan oleh 35 persen pengguna.

 

(Screenshot via IndoXXI)

Sangat berat tapi harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020 kami akan menghentikan penayangan film di website ini demi mendukung dan memajukan industri kreatif tanah air, semoga ke depannya akan menjadi lebih baik. Salam, INDOXXI." — Situs IndoXXI pada Selasa (24/12).

Semenjak mengumumkan penutupan tersebut, tagar #IndoXXI jadi trending nomor satu di Twitter untuk wilayah Indonesia. Hingga artikel itu ditulis, tagar #IndoXXI telah dicuitkan dalam 9.821 tweet.

Keberadaan situs streaming bajakan ini mematikan industri kreatif Indonesia. Sebab, dari 63 persen yang mengakses situs web streaming atau situs torrent, 62 persen mengatakan telah membatalkan semua atau sebagian langganan di layanan TV berbayar yang legal.

Menanggapi hasil survey tersebut, Kementerian Komunikasi & Informatika (Kemenkominfo) menyebut akan memberantas para pelanggar hak kekayaan intelektual (HAKI) pada 2020.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: CNNIndonesia.com

Share    

IDWS Promo