IDWS.ID

Berita Internasional

Beberapa Wilayah di Jepang Izinkan Masyarakat Tersenyum untuk Foto SIM

21 Jun 2022

Mendapatkan surat izin mengemudi (SIM) di Jepang tidaklah mudah. Sudah begitu, mereka yang berhasil lulus pun tidak boleh tersenyum saat difoto untuk keperluan pembuatan SIM. Namun kini peraturan dilarang tersenyum itu mulai dilonggarkan, setidaknya di beberapa daerah di Negeri Sakura.

IDWS, Selasa, 21 Juni 2022 - Di Jepang, penerbitan SIM jatuh di bawah yuridiksi departemen kepolisian. Pada musim gugur tahun lalu, Agensi nasional Kepolisian Jepang meminta departemen lokal mereka di masing-masing daerah di Negeri Sakura untuk mengkaji ulang regulasi mengenai foto SIM pembatasan-pembatasan yang dinilai tidak perlu.

Menerima perintah tersebut, departemen kepolisian Osaka langsung meringankan larangan tersenyum di foto SIM, dan Tokyo kemudian mengikuti langkah Osaka.

 

Masyarakat Jepang di beberapa wilayah kini diperbolehkan tersenyum di foto SIM. (Japan Today/PR Times)

Tentunya masyarakat Jepang yang lulus ujian SIM tidak serta merta boleh tersenyum lebar hingga sumringah. Mereka tetap dibatasi, yakni boleh tersenyum namun mulut tidak boleh terbuka, dan kedua mata harus terbuka lebar.

Dengan kebijakan baru tersebut, maka masyarakat Jepang yang sudah susah payah lulus ujian SIM bahkan tak sedikit yang sampai bersekolah di sekolah mengemudi akhirnya bisa sedikit merayakan keberhasilan mereka dengan senyuman di SIM mereka. Kapan Indonesia ngikut ya?

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Japan Today

Share    

IDWS Promo