IDWS.ID

Berita Internasional

Kapal Kontainer Blokir Terusan Suez, Jadi Bulan-bulanan Netizen Karena Jalur yang Ditempuh Mirip Seperti Penis

25 Mar 2021

Terusan Suez di Mesir tengah jadi perhatian dunia, pasalnya jalan pintas laut dari Eropa ke Asia itu terblokir oleh sebuah kapal contained besar, menyebabkan kemacetan masif di sana.

IDWS, Kamis, 25 Maret 2021 - Kapal bernama Ever Given yang terdaftar di Panama itu memiliki panjang 400 meter atau kurang lebih, empat kali lipat dari panjang lapangan sepakbola. Kapal kontainer itu berangkat dari China menuju Rotterdam, Belanda, namun karena suatu insiden, malah memblokir Terusan Suez.

Ever Given dibangun pada 2018 dan memiliki berat 200 ribu ton, dioperasikan oleh perusahaan transportasi asam Taiwan, Evergreen marine. Kapal itu kandas di Terusan Suez pada Selasa (23/3/2021) pukul 07.40 waktu setempat atau Rabu (24/3/2021) WIB.

 

Kapal kontainer Ever Given karam dan memblokir Terusan Suez di Mesir. (EPA)

Menurut para ahli maritim, dibutuhkan waktu berhari-hari untuk mengapungkan kembali kapal raksasa itu. Hal ini membuat pemerintah Mesir terpaksa membuka terusan lama demi meringankan kemacetan di sana. Tercatat 30 puluh kapal tak bisa lewat karena insiden Ever Given ini menurut laporan BBC.com melansir Reuters.

 

(AFP)

Terblokirnya Terusan Baru Suez ini juga mengakibatkan harga minyal naik di pasar internasional, menurut laporan BBC.com.

Sekitar 12 persen dari perdagangan global dunia ditransportasikan melalui Terusan Suez yang menghubungkan Laut Mediterania dengan Laut Merah sebagai jalan pintas laut antara Asia dan Eropa.

 

Jalur yang ditempuh Ever Given jadi lelucon netizen

Di saat para pengusaha dan pemerintah Mesir yang pusing memikirkan kemacetan di Terusan Suez, netizen malah memperhatikan jalur yang ditempuh kapal Ever Given. Menurut laporan layanan pelacakan laut Vessefinder dan myshiptracking.com, simulasi dari jalur yang ditempuh Ever Given terlihat mirip seperti penis.

 

Simulasi jalur laut yang ditempuh Ever Given sebelum kandas di Terusan Suez. (VesselFinder)

Juru bicara Vesselfinder mengonfirmasi bahwa simulasi jalur itu benar adanya kepada Vice, menutup kemungkinan hoaks atau kesalahan data.

 

(Twitter/@jsrailton)

Sial memang nasib Ever Given. Selain jadi biang kerok kemacetan salah satu jalur laut tersibuk dunia, menyebabkan kenaikan harga minyak internasional, menghambat laju perekonomian, dan bikin pusing pemerintah Mesir, mereka juga jadi lelucon netizen secara tidak sengaja karena bentuk dari jalur yang mereka lewati.

 

(stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo