IDWS.ID

Berita Internasional

Jepang Diguncang Gempa 7,2 Skala Magnitudo yang Memicu Peringatan Tsunami

20 Mar 2021

Jepang diterjang gempa pada hari Sabtu (20/3/2021) yang menggoncang gedung-gedung di ibukota Tokyo dan menyebabkan peringatan tsunami bagi wilayah pesisir timur laut Negeri Sakura itu.

IDWS, Sabtu, 20 Maret 2021 - Gempa berkekuatan 7.2 skala magnitudo itu terjadi di lepas pantai arah timur dari Pulau Honshu atau pulau terbesar di Jepang, menurut laporan dari Pusat Penelitian Geosains Jerman (GFZ).

Portal berita asal Jepang, NHK, menyampaikan peringatan tsunami setinggi satu meter diekspektasikan akan menerjang prefektur Miyagi. Mereka juga melaporkan bahwa Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Onagawa juga telah dihentikan operasinya oleh Tohoku Electric Power Co., untuk pengecekan akan potensi kerusakan.

Gempa itu terjadi pada pukul 18:09 waktu Jepang pada kedalaman 60 kilometer, menurut laporan Agensi Meteorologi Jepang (JMA) dan juga diprediksi akan menimbulkan tsunami setinggi satu meter.

 

Episenter gempa menurut laporan GFZ.

Terjadinya gempa ini membuat warga yang tinggal di atau berada di dekat pesisir pantai timur laut Jepang disarankan untuk mengevakuasi diri ke tempat yang lebih tinggi.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Dailymail

Share    

IDWS Promo