IDWS.ID

Berita Internasional

Aktor Veteran Ng Man Tat Meninggal, Semasa Hidup Dikenal Sebagai 'Paman Boboho' dan Sahabat dari Stephen Chow

27 Feb 2021

Aktor veteran asal Hong Kong, Ng Man Tat, dikabarkan meninggal dunia karena kanker liver. 

IDWS, Sabtu, 27 Februari 2021 - Aktor yang dikenal di Indonesia berkat perannya sebagai "Paman" dalam film-film Boboho itu meninggal pada Sabtu (27/2/2021) di usia 70 tahun, menurut pengakuan sahabat dekatnya, Tenky Tin Kai-man seperti dilansir dari The Standard.

Ng Man Tat meninggal ditemani oleh sanak keluarganya, termasuk istri, anak-anak, sahabat, dan saudara-saudaranya.

Richard Ng Man-tat, a veteran actor and comedian in the #HongKong film industry, died aged 70 on Saturday,according to CCTV and other media. Ng had worked with Hong Kong actor and director #StephenChow and starred in the Chinese science fiction film #TheWanderingEarth in 2019. pic.twitter.com/hNTHWgIIJW — Global Times (@globaltimesnews) February 27, 2021

"Ia meninggalkan kami dengan damai. Dokter telah memberi resep obat yang membuatnya merasa lebih baik dan meninggal dalam tidurnya," ungkap Tenky Tin Kai-man.

 

Aktor veteran asal Hong Kong, Ng Man Tat, meninggal di usia 70 tahun pada 27 Februari 2021. (Foto: The Standard)

Lahir pada 2 Januari 1953, Ng Man Tat memulai karirnya di dunia akting di usia 22 tahun pada 1973. Ia dikenal berkat aktingnya bersama aktor komedian Stephen Chow, seperti dalam film The Final Combat, The Justice of Life, dan Shaolin Soccer.

Sedangkan di Indonesia sendiri dikenal sebagai "Paman Tat" berkat aktingnya di film-film Boboho (diperangkan Steven Hao Shao Wen) seperti Trouble Maker dan China Dragon pada tahun 1995.

Pada tahun 1991, Ng Man Tat dianugerahi penghargaan Hong Kong Film Awards sebagai Aktor Pendukung Terbaik berkat perannya di A Moment of Romance yang dibintangi Andy Lau. Dia juga mendapat banyak nominasi dalam dunia akting, salah satunya dalam Golden Horse Awards dari Taiwan.

Kesehatan Ng Man Tat mulai menurun dalam beberapa tahun terahir. Pada bulan Januari 2021, mendiang aktor itu tertangkap kamera tengah kesakitan sambil memegang dadanya. Sempat menjalani operasi kanker hati, Ng Man Tat pada akhirnya menghembuskan nafas pada hari Sabtu ini.

 

Ng Man Tat dikenal dekat dengan komedian Stephen Chow karena beberapa kali terlibat dalam film yang sama. (8days.com)

Kondisinya yang sempat kritis juga sampai membuat khawatir sahabatnya, Stephen Chow, yang awalnya tidak mengetahui kondisi Ng karena ia memang sengaja menyembunyikannya. Stephen Chow mengetahui kondisi Ng dari koran dan langsung menanyakan keberadaan Ng dan menawarkan bantuan seperti memperkenalkan pada dokter ternama. Hanya saja karena kondisi Ng yang sangat lemah, keluarga terpaksa menolak tawaran Stephen Chow karena Ng sulit untuk dipindahkan ke rumah sakit lain.

Total, Ng Man Tat dan Stephen Chow telah terlibat dalam 10 proyek film.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo