IDWS.ID

Berita Internasional

Sukses! Misi Pedaratan ke Mars Kirim Foto Pertama dari Permukaan Planet Merah!

19 Feb 2021

Peradaban manusia telah melalui berbagai evolusi dan perkembangan teknologi. Setelah sekian lama proses tersebut berlangsung, kini umat manusia untuk pertama kalinya dapat melihat seperti apa permukaan planet Mars yang sebenarnya!

IDWS, Jumat, 19 Februari 2021 - Adalah wahana penjelajah NASA, Perseverance, yang mengirimkan foto pertama permukaan planet Mars langsung dari planet merah tetangga Bumi itu. Perseverance merupakan bagian dari misi NASA yang diberi nama "Mars 2020" di mana wahana penjelajah itu diluncurkan dari Bumi pada 30 Juli 2020 dan mendarat di permukaan Mars — tepatnya di kawah Jezero — pada 18 Februari 2021 waktu AS atau 19 Februari 2021 WIB.

 

 

Perseverance menempuh jarak sekitar 482 juta kilometer untuk sampai ke planet Mars, tak heran apabila ia membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk melakukannya.

Wahana seberat 1 ton dan ditenagai nuklir itu juga harus melewati atmosfer tipis planet mars dalam operasi terjun ke permukaan si planet merah yang berbahaya. Begitu mendarat, Perseverance mengirim sinyal ke Bumi via Mars Reconnaissance Orbiter, sekaligus mengirim foto pertama permukaan Mars yang sebenarnya ke pusat kontrol NASA yang berada di Jet Propulsion Laboratory, California, AS.

 

Wahana penjelajah Perseverance mengambil foto pertama permukaan planet Mars yang sebenarnya saat mendarat di sana pada 18 Februari 2021. (Foto: NASA)

Pendaratan Perseverance di permukaan Mars merupakan misi yang sulit karena atmosfer planet itu yang terlalu tipis, sehingga parasut yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan jatuh Perseverance ke permukaannya tidak bekerja maksimal. Perseverance pada akhirnya harus melakukan berbagai manuver akrobatik penuh kalkulasi sebelum akhirnya mendarat dengan selamat.

 

Wahana penjelajah Perseverance yang meluncur dari Bumi pada 30 Juli 2020 dan tiba di permukaan Mars pada 18 Februari 2021. (Foto: NASA)

 

Mengapa mengirim wahana penjelajah ke Mars?

Melansir National Geographic, tujuan dari misi Mars 2020 tak main-main, yakni mencari tanda-tanda kehidupan kuno di planet merah. Dari perkiraan ilmuwan, pada usia 1 triliun tahun, planet Mars jauh lebih hangat dan mengandung air melimpah dibandingkan kondisinya sekarang, gersang dan penuh debu.

 

Robot penjelajah bernama Curiosity Rover yang akan mengeksplorasi permukaan Mars, dalam animasi 3D. (Foto: NASA)

Atas prediksi tersebut itu lah, NASA menjalankan misi Mars 2020 untuk mencari kemungkinan bahwa planet Mars pernah menjadi planet tempat tinggal makhluk hidup. Selain itu, Perseverance juga nantinya akan membawa pulang berbagai sample dari Mars seperti bebatuan, tanah, dan sebagainya untuk diteliti.

Kita tunggu saja kabar dari NASA, apakah benar bahwa planet Mars pernah ditinggali makhluk hidup?

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo