IDWS.ID

Berita Internasional

Lewat Telepon, Presiden Jokowi Ajak Elon Musk Investasi di Indonesia

12 Dec 2020

Nama Elon Musk sudah tidak asing lagi di mata dunia karena kesuksesannya membangkitkan Tesla dan SpaceX. Ketenaran Elon Musk akan inovasi dan bisnis pun juga menarik perhatian Indonesia lewat Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

IDWS, Sabtu, 12 Desember 2020 - Presiden Jokowi serta Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dilaporkan telah berbincang-bincang dengan CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk via telepon.

Jokowi dan Luhut membahas peluang investasi perusahaan mobil listrik Tesla di Indonesia. Dalam keterangan tertulis Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Sabtu (12/12/2020), dijelaskan Jokowi mengajak Elon Musk untuk menjadikan Indonesia sebagai landasan peluncuran roket SpaceX.

"Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik. Selain itu, Presiden Joko Widodo juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X," bunyi keterangan tersebut seperti dikutip dari detikcom pada Sabtu (12/12/2020).

 

CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk. (Foto: AFP)

Menurut laporan South China Morning Post pada hari ini, Elon Musk pun menanggapi undangan Presiden RI Joko Widodo dengan rencana mengirimkan timnya ke Indonesia pada bulan Januari 2021 untuk menjajaki semua peluang kerjasama tersebut.

Sebelumnya, Jokowi pernah mengutus Luhut dan beberapa orang dalam sebuah tim tingkat tinggi untuk mengejar investasi dari Tesla. Jokowi mengungkapkan hal itu dalam sebuah wawancara dengan Reuters.

Pengiriman tim itu juga akan menjadi bagian dari promosi Indonesia tentang Undang-Undang Cipta Kerja yang menyederhanakan berbisnis di Indonesia.

"Minggu depan kami akan mengirimkan tim besar ke Amerika dan Jepang, untuk mempromosikan Omnibus," kata Jokowi menurut laporan detikcom dilansir dari Reuters, Jumat (13/11/2020).

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: detikcom via Reuters, scmp.com

Share    

IDWS Promo