IDWS.ID

Science

Komunitas Bumi Datar Indonesia Ingin Gelar Konferensi di Indonesia

04 Feb 2019

IDWS, Senin, 4 Februari 2019 - Tak mau ketinggalan dari luar negeri, komunitas bumi datar Indonesia juga ingin mengadakan konferensi nasional di Tanah Air pada tahun 2019 ini.

 

Pertemuan Komunitas Bumi Datar Indonesia. (Foto: Dokumen Wahidin Amir)

Dilansir dari detikinet, komunitas yang disebut Indonesian Flat Earth Research (IFER) melalui CEO sekaligus pendirinya Wahidin Amir menyampaikan rencana menggelar konferensi komunitas bumi datar perdana di Indonesia. Nantinya ajang yang direncanakan digelar di ibukota Jakarta itu dibuat dengan konsep seminar dan terbuka untuk umum.

Ada gambaran bahwa akan dibuat seperti seminar, nantinya dibuat rundown-nya, siapa aja profesor-profesor yang akan diudang untuk mempresentasikan kajian-kajian ilmiah. — Wahidin Amir dikutip dari CNNIndonesia.com, Sabtu (2/2/2019).

Wahidin mengaku masih belum bisa memastikan konsep serta venue untuk menggelar konferensi nasional bumi datar tersebut karena tengah fokus mengumpulkan dana. Selain itu mereka juga masih menyusun kepanitiaan. Pada rapat bulan depan baru akan ditentukan apa saja hal yang disepakati.

 

Ilustrasi komunita Bumi datar. (Foto: Edmonton Journal)

Menurut Wahidin, IFER yang berperan sebagai penyelenggara sekaligus tuan rumah berencana bekerja sama dengan dua komunitas bumi datar lainnya, antara lain FE 101 dan Flat Earth Society.

"Kita hanya di riset, mencoba untuk membuktikan benar atau tidak bumi itu bulat seperti yang dikatakan sains modern sekarang," tambahnya.

Komunitas penganut bumi datar di Amerika Serikat telah lebih dulu mengadakan konferensi membahas apakah bumi bulat atau tidak. Tepatnya sebanyak dua kali, yakni pada November 2017 dan Desember 2018 silam.

Sementara itu, YouTube telah berhenti merekomendasikan video berisi konspirasi termasuk teori Bumi datar. YouTube menganggap rekomendasi Bumi datar bisa membahayakan dan membuat orang benar-benar terjerumus dalam konspirasi tersebut.

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: detikinet

Share    

IDWS Promo