IDWS.ID

Science

Rasi Bintang Godzilla Ditetapkan oleh NASA

23 Oct 2018

IDWS, 23 Oktober 2018 - Ketika Godzilla melakukan debut di layar lebar pada tahun 1954, ia diciptakan untuk hanya untuk rakyat Jepang. Namun beberapa dekade kemudian, King of the Monsters — Julukan Godzilla, telah berekspansi ke penjuru Bumi.

Bahkan, pengakuan dunia internasional akan kaiju yang satu ini membuatnya mendapatkan bintangnya sendiri pada Hollywood Walk of Fame.

Tampaknya tak puas hanya berkecimpung di dunia film layar lebar, kini Godzilla semakin memperluas pengaruhnya hingga ke luar angkasa setelah NASA mengumumkan ditetapkannya rasi bintang Godzilla.

Berbeda dengan rasi bintang lainnya, rasi bintang Godzilla tidak terdiri dari bintang-bintang, melainkan terbentuk dari beberapa sinar gamma yang diobservasi oleh NASA dari Teleskop Luar Angkasa Sinar Gamma Fermi. Diluncurkan pada 2008, NASA memperingati satu dekade pengabdian satelit pengamat tersebut dengan menetapkan 21 rasi bintang sinar gamma.

Meski tak jauh beda dengan para pengamat bintang yang biasanya mengambil inspirasi dari legenda-legenda kuno, NASA mencoba untuk mengapresiasi mitos-mitos atau ikon modern sebagai referensi dari rasi bintang. Tidak hanya Godzilla saja, NASA juga menetapkan rasi bintang Star Trek, The Little Prince dan The Incredible Hulk.

Sumber: NASA PR Times

Sumber: NASA PR Times

Asal muasal diambilnya nama Godzilla untuk rasi bintang tersebut adalah ketika para peneliti menemukan adanya pancaran sinar gamma, sebuah fenomena dimana matter atau unsur yang bergerak menuju sebuah lubang hitam, memadat lalu bersinar karena panas dari akselerasi pergerakannya. Ketika dipetakan, pancaran sinar gamma ini menyerupai semburan nafas atom (atomic breath) yang merupakan serangan khas milik Godzilla.

Sumber: SoraNews24

Godzilla bukanlah satu-satunya simbol negara Jepang yang mendapat kehormatan menjadi nama dari suatu rasi bintang. Tak jauh dari rasi bintang Godzilla, terlihat sebuah rasi bintang yang dinamai rasi bintang Gunung Fuji. (Stefanus/IDWS)

Sumber: NASA PR Times

Sumber: NASA PR Times


Sumber: Japan Today

Share    

IDWS Promo