IDWS.ID

Science

 Breaking News

Berbekal Internet, Hamidi Berhasil Sulap Sampah Plastik Menjadi BBM

13 Jan 2016

Istilah "tidak ada yang tidak mungkin" tampaknya terbukti. Jika ada kemauan pasti ada jalan, seperti pria asal Kecamatan Benda, Kota Tangerang yang menemukan sebuah penemuan yang sangat inovatif. 

Pria yang memiliki nama Hamidi itu berhasil mengubah sampah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) sintesis yang memiliki niai ekonomis. Menariknya, pria berusia 37 tahun itu bisa menemukan penemuan yang luar biasa itu tanpa dibekali dengan ilmu yang dia pelajari, tapi hanya berbekal pengetahuannya dari internet. Dia mengaku bahwa dirinya hanya mencoba-coba sendiri atau otodidak.

"Puji Tuhan, saya membuat ini tidak pakai belajar, tapi cuma lihat-lihat dari internet, membaca-baca di Google, terus dicoba-coba, hingga akhirnya menghasilkan minyak sintesis dari bahan dasar sampah plastik," ungkap Hamidi.

Hamidi juga menjelaskan awal mula dia mulai menggeluti percobaan itu, karena dirinya merasa jenuh dan bosan dengan profesinya sekarang sebagai  housekeeping di sebuah hotel bilangan Jakarta sejak lulus kuliah di Bandung, Jawa Barat. Oleh karena itu, mulai tahun 2008, Hamidi mengaku bahwa dirinya sudah bergerak mencari-cari informasi dengan cara mengubah sampah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) sintesis hanya dengan bekal alat-alat sederhana.

Setelah mencoba-coba dengan berbagai pengujian, Hamidi juga mengalami kegagalan, dan akhirnya kerja kerasnya pun membuahkan hasil. Pada tahun 2013 dia sudah berhasil mewujudkan impiannya mengolah sampah plastik menjadi BBM.

Hamidi menjelaskan proses penemuannya itu berawal yaitu ketika uap dari pembakaran sampah itu diubah melalui proses sedemikian rupa hingga menjadi minyak yang dapat diatur lagi menjadi tiga jenis minyak, yaitu minyak tanah, bensin, dan solar.

Sayangnya, penemuan yang dikerjakan Hamidi selama bertahun-tahun itu belum dia patenkan, karena dia merasa mesinnya tersebut belum dibilang sempurna. Tapi, setelah semuanya sempurna dia akan segera mempatenkan penemuannya tersebut.

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th