IDWS.ID

Science

 Breaking News

Transplantasi Jantung Kini Bisa Lewat Cetak Jantung 3D

26 Nov 2015

Pembedahan organ dalam tubuh yang paling sulit dilakukan yaitu pembedahan jantung. Jaringan jantung tidak sama dengan organ tubuh lainnya yang bisa pulih dengan sendirinya.

Oleh karena itu banyak orang yang mengalami gagal jantung harus menunggu lama untuk pemulihan itupun harus mendapatkan transplantasi jantung terlebih dahulu. Tapi, berkat berkembangnya teknologi yang semakin maju, baru-baru ini telah ditemukan cara pencetakan 3 dimensi biologis (3D bioprinting) yang bisa digunakan untuk bahan lunak.

Untuk prose pencetakan 3D nya itu sendiri melibatkan bahan yang bisa berdiri sendiri seperti pada pembuatan rusuk dan tulang dada buatan yang terbuat dari bahan titanium atau bisa juga dalam pembuatan plastik luwes untuk model 3D untuk jantung demi kepentingan perencanaan pembedahan.

Tapi, sayangnya saat peneliti melakukan pencetakan jaringan lunak mereka mendapati kesulitan pada saat pencetakan 3D setiap lapisan tidak bisa disokong oleh lapisan di bawahnya. Sebagai catatan, pencetakan 3D dilakukan lapisan demi lapisan.

Pemimpin kelompok penelitian Regenerative Biomaterials and Therapeutics Group ini yaitu Adam Feinber, wakil profesor di Fakultas Ilmu Teknik Bahan dan juga Teknik Biomedik di Carnegie Mellon University mengungkapkan timnya ini berhasil membuat  bioprinting untuk jantung dan arteri-arteri jantung dengan bahan dari kolagen dan fibrin dengan menggunakan pencetak 3D yang lazim dan didukung dengan perangkat keras dan perangkat lunak open source.

Mereka mengklaim tekniknya ini disebut  FRESH (Freeform Reversible Embedding of Suspended Hydrogels) dan melibatkan pencetakan bahan gel di dalam bahan gel lain.

Seperti yang idws lansir dari Science Advances, Adam Feinber mengaku dalam penelitian ini begitu banyak tantangan apalagi dalam proses pencetakan bahan-bahan lembek seperti agar-agar jelly yang kita makan merupakan bahan yang ringan. Oleh karena itu timnya mengembangkan cara untuk mencetak bahan lembek ini di dalam suatu bahan rendaman pendukung.

Untuk mengatasinya akhirnya mereka menggunakan Citra-citra MRI yang digunakan untuk mencetak rancangan jaringan-jaringan jantung dan pembuluh arteri. Kemudian, mesin pencetaknya menggunakan suntikan untuk menambahkan lapisan-lapisan secara cermat yang terbuat dari bahan gel ke dua di dalam bahan gel luar yang tembus pandang.

Berikut ini team idws akan memberikan video proses pembuatan pencetakan oragn tubuh 3D tersebut:

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th