IDWS.ID

Science

 Breaking News

Ciptakan Manusia Virtual, Tubuh Wanita Dipotong 5.000 Potongan

28 Sep 2015

Mungkin kamu akan berpikir ini sebuah film, tapi ini bukanlah film mengenai science, yang menceritakan tubuh manusia dijadikan sebagai bahan percobaan ilmiah untuk membuat salinan virtual. Tapi ini merupakan sebuah kenyataan.

Kenyataan akan film yang dianggap tabu dan tak mungkin, tapi nyatanya hal ini bisa terjadi. Sekelompok peneliti dari Amerika Serikat telah melakukan hal itu untuk menciptakan tubuh digital alias manusia virtual yang diklaim paling rinci di dunia.

Sebuah projectyang tergabung dalam Visible Human Project ini berbasis di US National Library of Medicine, Maryland. News Scientist melaporkan, mereka benar-benar menciptakan 'manusia virtual' dengan menggunakan mayat manusia untuk penelitian medis. Dalam penelitian ini, para peneliti yang diketuai oleh  Sergey Makarov dan timnya menggunakan lebih dari 5.000 potongan mayat beku seorang wanita asal Amerika Serikat, dengan ukuran sepertiga milimeter untuk membuat versi 3D dari tubuh manusia.

Salah satu mayat wanita yang tak disebutkan namanya itu berusia 59 tahun. Wanita tersebut meninggal karena obesitas dan serangan jantung. Para peneliti sebelumnya sudah memiliki ijin langsung dari sang suami, dan semianyapun telah memberikan izin bagi tubuhnya yang akan digunakan untuk penelitian medis. Potongan tubuh itu kemudian di-scan untuk membuat gambar rinci secara digital.

Dr. Fernando bello yang datang dari College London menyatakan dengan adanya penelitian terbaru ini maka  tim peneliti akan memiliki informasi lebih banyak tentang organ dan penataan tubuh manusia dari scan MRI. Dalam penelitian ini memang tak semudah yang dibayangkan, rekonstruksi tubuh secara digital ini sangat ideal dan pastinya banyak sekali resiko dan kendala saat melibatkan manusia. 

Sebelumnya, penelitian semacam ini sudah dimulai sejak  sejak 1986, dan untuk pertama kalinya proyek yang disebut ‘digital Frankenstein’ tercipta pada 1994. Tubuh Joseph Paul Jernigan, yang dieksekusi dengan suntikan mematikan adalah yang pertama digunakan oleh Visible Human Project pada 1994.

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th