IDWS.ID

Gadget

Malware Joker Dalam Beberapa Aplikasi di Google Play, Segera Hapus Bila Kalian Menginstall Aplikasi-aplikasi Ini!

12 Sep 2019

IDWS, Kamis, 12 September 2019 - Beberapa aplikasi yang beredar di Google Play Store dilaporkan mengandung malware yang berbahaya bagi konsumen.

Malware yang disebut "Joker" itu didesain secara diam-diam mendaftarkan pemilik smartphone untuk berlangganan berbagai layanan tanpa persetujuan pemilik smartphone itu. Mereka yang telah menginstall aplikasi-aplikasi yang mengandung malware Joker ini terancam dapat menerima tagihan-tagihan dalam beberapa bulan tanpa menyadarinya.

Peneliti keamanan siber Aleksejs Kuprins menjelaskan malware Joker dengan detail dalam sebuah postingan di Medium.

 

Negara-negara yang disasar oleh malware Joker. (Aleksejs Kuprins/Medium)

Joker disebutkan didesain untuk menyasar 37 negara-negara tertentu, di mana Indonesia juga termasuk di dalamnya: Australia, Austria, Belgia, Brazil, China, Mesir, Perancis, Jerman, Ghana, Yunani, Honduras, India, Indonesia, Irlandia, Italia, Kuwait, Malaysia, Myanmar, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Qatar, Argentina, Serbia, Singapura, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Thailand, Turki, Ukraina, Uni Emirat Arab, Inggris Raya dan Amerika Serikat.

Mayoritas dari aplikasi-aplikasi yang mengandung malware Joker secara spesifik menyasar negara-negara Eropa dan Asia, serta mengharuskan pemilik smartphone untuk menggunakan kartu SIM dari wilayah yang disasar agar malware tersebut dapat bekerja.

Total, 24 aplikasi dilaporkan terinfeksi oleh Joker dan telah diinstal setidaknya 472 ribu kali. Metadata memperkirakan aplikasi-aplikasi itu mulai berpromosi dan beredar pada Juni 2019 dengan segelintir di antaranya telah ada sebelumnya.

Kuprins menyinggung bagaimana sepertinya Google juga telah bergerak cepat dengan menghapus seluruh aplikasi bermasalah tersebut dari Play Store tanpa menerima informasi dari para peneliti keaman siber yang meneliti malware Joker. Berikut daftar aplikasi yang mengandung malware Joker:

- Advocate Wallpaper

- Age Face

- Altar Message

- Antivirus Security — Security Scan

- Beach Camera

- Board picture editing

- Certain Wallpaper

- Climate SMS

- Cute Camera

- Dazzle Wallpaper

- Declare Message

- Display Camera

- Great VPN

- Humour Camera

- Leaf Face Scanner

- Reward Clean

- Ruddy SMS

- Soby Camera

- Spark Wallpaper

Bila kalian memiliki satu atau beberapa dari aplikasi-aplikasi di atas terinstall pada smartphone atau tablet kalian atau kalian aktif menggunakannya, ada baiknya kalian menghapusnya secepat mungkin.

Jika sudah terlanjur pernah menginstall aplikasi-aplikasi tersebut, ada baiknya kalian memeriksa kembali kartu kredit kalian dan memastikannya tidak terdaftar pada sesuatu yang tidak pernah kalian daftar sendiri.

Kuprins juga  menyarankan agar memerhatikan izin apa saja yang diminta saat kalian menginstall suatu aplikasi pada perangkat kalian. Tidak ada salahnya jaga-jaga bukan?

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Medium

Gambar fitur: Joker (2019) by Warner Bros. Pictures

Share    

IDWS Promo