IDWS.ID

Gadget

Huawei Umumkan Platform Open-source HarmonyOS Untuk Semua Jenis Perangkat

09 Aug 2019

IDWS, Jumat, 9 Agustus 2019 - Huawei mengumumkan sebuah kejutan pada konferensi developer tahunannya hari ini, Jumat (9/8/2019). Perusahaan produsen smartphone asal China ini mengumumkan HarmonyOS, sebuah platform open-source baru yang kemungkinan besar merupakan nama final dari Hongmeng OS yang sebelumnya dikembangkan untuk mengatasi pelarangan penggunaan Android dalam smartphone Huawei.

Menurut CEO Huawei, Richard Yu, HarmonyOS merupakan sistem operasi (OS) terdistribusi berdasarkan microkernel untuk semua skenario yang pertama.

Platform baru itu mendukung smartphone, smart speaker, komputer, smartwatch, wireless earbud, mobil dan tablet. Bahkan, tambah Yu, Harmony OS juga mendukung ukuran RAM mulai dari ukuran kilobyte hingga gigabyte.

Yu juga meggaris bawahi bahwa HarmonyOS pada akhirnya akan mendukung bermacam-macam aplikasi dan kompatibel dengan HTML5, Linux, hingga Android. Selain itu ARK Compiler yang digunakan dalam pengembangan HarmonyOS juga mendukung bahasa pemrograman Kotlin, Java, Javascript, C dan C++.

Terobosan baru ini sepertinya menyiratkan strategi Huwaei dalam menghadapi Hegemoni perangkat keras dari Amerika Serikat. Mereka mencoba merangkul banyak orang lewat platform OS yang dibuat open-source, sehingga bisa diunduh dan dimodifikasi oleh siapa saja, membuat nantinya akan banyak orang-orang yang familiar dengan HarmonyOS tersebut. Tentunya dengan catatan bila performanya sukses merebut hati konsumen.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber dan foto: Android Authority

Share    

IDWS Promo