IDWS.ID

Gadget

Xiaomi Patenkan Smartphone Bertenaga Surya?

07 Aug 2019

IDWS, Rabu, 7 Agustus 2019 - Menjaga baterai ponsel agar tidak habis saat bepergian bisa dibilang merupakan salah satu kekurangan dari teknologi smartphone. Namun agaknya Xiaomi ingin mencoba berinovasi untuk mengatasi problema tersebut. Setidaknya bagi mereka yang tinggal di daerah yang sering terkena sinar matahari.

Dalam sebuah paten yang terdaftar dalam World Intellectual Property Office, LetsGoDigital menemukan bahwa paten tersebut memperlihatkan diagram dari sebuah smartphone tanpa bezel yang terlihat standar dari segala sisi. Yang membedakan adalah bagian belakangnya, di mana terdapat kepingan panel surya fotovoltaik di sana.

Dari gambar dalam paten tersebut, smartphone ramah lingkungan Xiaomi yang mirip dengan desain Redmi Note 6 itu agaknya tidak akan terlalu tebal dibandingkan ukuran standar smartphone sekarang ini. Jika dilihat dari nampak samping, modul kamera ganda di sisi belakang tampak menyembul. Ini berarti panel surya tersebut akan ditanamkan di sisi dalam bodi smartphone, atau mungkin di bawah lapisan kaca belakang.

 

(LetsGoDigital)

Melansir LetsGoDigital, paten tersebut telah diajukan pada Juli 2018 lalu, namun belum bisa dipastikan apakah Xiaomi akan benar-benar memproduksi smartphone bertenaga surya dalam waktu dekat.

Xiaomi bukan yang pertama dalam hal smartphone bertenaga surya. Perusahaan asal Rusia, Caviar, merilis iPhone X Tesla yang juga memiliki panel surya terintegrasi dalam bodinya. Samsung Guru E1107 Crest Solar juga menggunakan desain yang mirip, dan LG juga penah mencobanya pada GD510 pada 2010 silam.

Karena masih berupa paten, jangan terlalu berharap banyak. Lumrah bagi perusahaan mendaftarkan paten lebih dahulu meski entah kapan mereka akan menggunakannya. Dilaporkan pula, Xiaomi tengah berinvestasi dalam sebuah teknologi charging baru seperti reverse wireless charging.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Android Authority via LetsGoDigital

Share    

IDWS Promo