IDWS.ID

Gadget

Huawei Juga Dikucilkan Oleh Aliansi Wi-Fi Terkait Perang Dagang AS-China. Apa Maksudnya?

25 May 2019

IDWS, Sabtu, 25 Mei 2019 - Efek domino terus berjatuhan menimpa produsen smartphone raksasa asal China, Huawei sejak pemerintahan presiden Trump memasukkan nama perusahaan itu ke dalam Daftar Entitas Amerika Serikat, membuat raksasa teknologi komunikasi itu terkucil dari bisnis dengan Amerika Serikat.

Sejauh ini, Huawei telah kehilangan akses ke Android, Google, Qualcomm, Intel, Microsoft, Asosiasi SD dan mungkin yang paling mematikan adalah ARM. Kini kabar terbaru menyebutkan bahwa Huawei juga kehilangan keanggotaannya dalam Aliansi Wi-Fi untuk sementara (via Nikkei Asian Review).  yang bisa jadi akan berdampak panjang bagi bisnis Huawei.

Inilah pernyataan yang dirilis dari Aliansi Wi-Fi:

Aliansi Wi-Fi dengan sepenuhunya mematuhi perintah terbaru dari Departemen Perdagangan Amerika Serikat tanpa menarik keanggotaan dari Huawei Technologies [dari Aliansi Wi-Fi]. Aliansi Wi-Fi sementara ini membatasi Huwaei Technologies untuk berpartisipasi dalam aktivitas-aktivitas Aliansi Wi-Fi yang disebutkan dalam perintah tersebut.

Aliansi Wi-Fi merupakan sebuah konsorsium yang terdiri dari berbagai perusahaan termasuk Apple, Qualcomm, Broadcom, Intel, dan masih banyak lagi. Konsorsium tersebut memengaruhi pengembangan terbaru dari teknologi nirkabel alias wireless.

Meski penangguhan sementara keanggotaan Huawei dari aliansi tersebut tidak berarti membuat perusahaan asal China itu tak bisa menciptakan produk-produk terkait Wi-Fi, ini berarti Huawei tak akan lagi bisa memengaruhi kemana arah teknologi Wi-Fi bergerak.

Dengan kata lain, Huawei tak bisa lagi bersaing secara kompetitif dengan produsen smartphone lain dalam hal teknologi serta produk Wi-Fi mereka, membuat bisnis mereka di pasar global terancam menurun tajam.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber

Share    

IDWS Promo