IDWS.ID

Computer

 Breaking News

Pengguna Twitter Wajib Ganti Password!

16 Jun 2016

Twitter menyebarkan notifikasi penting ke seluruh penggunanya. Isi notifikasinya tersebut adalah himbauan agar pengguna Twitter segera mengganti password.

 

Ada kemungkinan, jutaan username dan password akun Twitter telah dibobol dan dijual.

Memang secara detail tidak dijelaskan berapa juta pengguna yang telah menerima notifikasi itu, fakta terakhir menyebutkan ada sekitar 32 juta akun Twitter yang telah dibobol.

 

Trust and Information Security Officer Twitter Michael Coates membantah jika pada siistem keamanan layanannya dikatakan memiliki celah. Pasalnya, jutaan aku tidak dicuri dari komputer Twitter. "Tidak ada indikasi sistem kami telah dilanggar," kata dia,  sebagaimana dilaporkan WSJ dan dilansir laman kompas, jumat (10/6).

 

Pernyataan tersebut didukung oleh analis keamanan LeakedSource. "Ada bukti kuat bahwa Twitter tidak diretas, melainkan penggunalah yang diretas," begitu pernyataan resminya.

 

Anonim asal Rusia yang menjuluki diri sebagai Tessa88 merupakan dalang dari peretasan ini. Ia juga bertanggung jawab atas peretasaan jutaan akun LinkedIn, MySpace, Tumblr.

 

Menurut LeakedSource, Tessa88 melancarkan aksinya dengan mengirimkan malware ke perangkat para pengguna. Selanjutnya peramban dari perangkat itu yang mengirim kembali semua username dan password pengguna dari berbagai situs.

 

Twitter merupakan salah satu situs yang dapat diakses pengguna melalui peramban. Situs lain yang bisa di akses dengan peramban adalah LinkedIn, MySpace dan Tumblr. Sejauh ini, di database Tessa88 menghimpun sekitar 1,8 juta akun lintas layanan.

 

Khusus pada Twitter, jutaan akun dijual Tessa88 senilai 10 bitcoin. Dan jika diuangkan. nominalnya setara dengan Rp 77,6 jutaan.

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th