IDWS.ID

Otomotif

Turismo Veloce 800 Motor Terakhir Berbasis Mesin 3 Silinder

17 Apr 2015

Saat memperkenalkan model Turismo Veloce 800, CEO MV Agusta, Giovanni Castiglioni mengatakan motor ini akan jadi produk terakhir yang menggunakan basis mesin tiga silinder. Jika benar, tentu jadi kabar mengejutkan, pasalnya MV Agusta dikenal dengan mesin-mesin yang menggunakan tiga silinder pada sebagian besar produknya.

Giovanni menambahkan, jika MV Agusta akan fokus pada pengembangan mesin empat silinder segaris. Bahkan bisa saja motor terbaru dengan mesin baru akan tampil di EICMA tahun 2015 di kota Milan.

Salah satu model yang akan digantikan adalah F4, yang merupakan model superbike dari pabrikan Italia. Ini berarti motor dengan mesin baru tersebut nantinya harus melakukan homologasi ulang. Itu dilakukan jika MV Agusta masih ingin berpartisipasi pada balapan World Superbike. Hal yang sama telah dilakukan Yamaha melalui New R1.
 


Entah ini merupakan suatu kemunduran atau tidak, pasalnya pabrikan-pabrikan Italia dikenal dengan ciri khas mesin yang dimilikinya. Seperti Ducati yang dikenal dengan L-Twin, lalu MV Agusta sendiri dengan mesin tiga silindernya.

Namun banyak yang berharap, jika model F4 terbaru nantinya adalah superbike dengan konsep desain yang benar-benar baru. Bukan mengambil desain model sekarang namun dengan mesin baru. 

Share    

IDWS Promo