IDWS.ID

Otomotif

Test Drive BMW 218i Active Tourer, Handling Mantap dan Bertenaga

29 Mar 2015

Seusai sesi peluncuran BMW 218i Active Tourer, BMW Indonesia mengajak melakukan uji coba terhadap mobil barunya tersebut. Setiap media termasuk Metrotvnews.com diberi kesempatan untuk mengitari kawasan perkantoran di Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis 26 Maret kemarin.

Sebelum mengemudikan secara langsung, kami mencoba menjadi penumpang. Benar apa yang diklaim BMW, bahwa mobil ini memiliki interior yang lega. Ruang kaki dan kepala masih sangat luas. Mobil terisi empat penumpang pun masih lega.

Tidak hanya itu, kapasitas bagasi yang 468 liter sangat besar untuk menampung koper dan seabrek barang bawaan. Masih kurang? Bagasi bisa diperbesar lagi hingga 1.510 liter dengan sandaran kursi yang dapat berubah dengan perbandingan 40:20:40. Jangan lupakan ruang dibawah bagasi berkapasitas 70 liter.

Puas jadi penumpang, saatnya ambil-alih kemudi. Jok depan khususnya pengemudi termasuk nyaman. Bentuk jok seperti memeluk punggung, tapi untuk pengemudi berbadan besar atau lebar akan terasa mengganjal, seperti yang dialami seorang rekan.

Pengaturan posisi duduk model elektrik, cukup maju mundurkan switch maka jok bergerak perlahan. Lingkar kemudi pun bisa diatur sudut dan ketinggiannya, sehingga lebih nyaman mengemudi.

Menghidupkan mesin cukup dengan memencet tombol saja. Injak pedal rem dan pindahkan tuas transmisi otomatisnya dari posisi P menuju D, mobil pun bergerak pelan. Ayunan suspensi memiliki karakter yang sedikit stiff, untungnya peredaman kabin terbilang baik.

Ketika memasuki sebuah tikungan sepi, handling mobil sangat mantap. Tidak ada gejala oversteer atau understeer yang dirasakan. Suspensi yang terasa sedikit kaku tadi, ikut menunjang stabilitas mobil.

Lantas bagaimana dengan performanya? Meski dalam area terbatas, kami bisa merasakan muntahan tenaga dari mesin tiga slinder segaris, dengan disokong TwinPower Turbo ini. Akselerasi spontan begitu pedal gas ditekan lebih dalam, mungkin tak banyak yang menyangka bahwa mobil ini hanya bermesin 1.499 cc jika tak melongok ruang mesin atau melihat spesifikasinya.

Yang istimewa adalah, Anda bisa melihat tenaga dan torsi yang dimuntahkan mobil secara aktual. 'Pada layar ini bisa melihat tenaga dan torsi yang digunakan, dengan memilih sport display,' kata Gerry Nasution, Driver Instructor BMW Indonesia yang menemani test drive.

Selain itu dengan teknologi EfficientDynamics, performa mesin maksimal bisa digabungkan dengan konsumsi bahan bakar yang efisien. Menurut BMW sendiri, konsumsi bisa untuk menempuh jarak 20 kilometer untuk satu liter bahan bakar.

Tak terasa sudah kembali ke titik awal perjalanan, dan harus berganti dengan rekan media lainnya. Sesi test drive terasa singkat, masih kurang puas untuk mengeksplor performa mobil ini secara keseluruhan. Tapi untuk pengenalan pertama, cukup menggambarkan keunggulan BMW 218i Active Tourer ini. 
UDA

Share    

IDWS Promo