IDWS.ID

Otomotif

Mobil Tanpa Sopir Konsumsi BBM-nya Lebih Boros

16 Mar 2015

Belakangan ini industri otomotif dunia tengah dihangatkan dengan adanya teknologi mobil tanpa sopir (otonom). Tak hanya para produsen yang sibuk mengembangkan teknologi tersebut, sejumlah lembaga penelitian pun demikian.

Bahkan, belakangan ini teknologi mobil tanpa sopir ini menjadi subjek dari beberapa diskusi yang dilakukan oleh para lembaga penelitian di Amerika Serikat (AS).

Seperti yang belum lama ini dilakukan oleh para peneliti dari University of Michigan in Ann Arbor yang mengklaim, mobil otonom atau tanpa sopir dipastikan akan lebih banyak mengonsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Alasannya adalah, setiap keluarga akan memiliki lebih dari 1 mobil dan digunakan secara terpisah pada hari yang sama. Mobil-mobil tersebut akan digunakan ke berbagai tujuan dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

'Kemungkinan setiap kendaraan pada akhirnya akan meningkatkan jarak tempuh. Tapi semakin jauh Anda berkendara maka semakin banyak pula bahan bakar yang dikonsumsi oleh mobil tersebut,' ungkap U-M Transportation Research Institute Brandon Schoettle dan Michael Sivak.

Share    

IDWS Promo