IDWS.ID

Otomotif

Selamat Alex Marquez! Raih Podium Pertamanya di MotoGP Meski Start di Posisi ke-18 Dalam Balapan Prancis

11 Oct 2020

Alex Marquez akhirnya meraih podium pertama dalam karirnya di MotoGP setelah finis di urutan kedua dalam balapan MotoGP Prancis.

IDWS, Minggu, 11 Oktober 2020 - Hebatnya lagi, raihan tersebut ia dapatkan setelah start dari posisi ke-18! Alex sendiri naik kelas ke MotoGP 2020 dengan status juara dunia Moto2. Namun ia masih kesulitan beradaptasi dengan level MotoGP meski berada di tim top seperti Repsol Honda.

Repsol Honda sendiri juga belum lama ini kehilangan pebalap andalannya, Marc Marquez yang mengalami cedera bahu, sehingga Alex harus berjuang sendirian bersama pebalap tes Stefan Bradi. Hasilnya, dari delapan seri, prestasi terbaik Alex Marquez hanyalah finis di urutan ketujuh pada balap Emilia Romagna disusul urutan kedelapan di GP Andalusia. Sisanya ia habisnya dengan finis di luar 10 beesar, antara urutan ke-13 hingga ke-17 setelah sempat nongkrong di urutan ke-12 pada balap pembuka di Jerez.

 

Alex Marquez raih podium pertamanya di level MotoGP 2020 pada balap Le Mans, Prancis, hari Minggu (11/10) ini. (Foto: AP/David Vincent)

Cederanya Marc Marquez dan buruknya penampilan Alex membuat posisi Repsol Honda anjlok ke posisi sembilan klasemen konstruktor. Performa buruk sedari awal musim itu mungkin yang membuat Repsol Honda melepas Alex dulu ke tim satelit LCR Honda di musim 2021. Nah, Alex sepertinya masih ingin membuktikan kalau dia gabung Repsol Honda bukan karena rekomendasi kakaknya saja. Itu ditunjukkan Alex pada balapan MotoGP Prancis, Minggu (11/10/2020) malam WIB.

Meski start dari posisi ke-18 dan balapan berlangsung di atas lintasan yang basah, Alex mampu menaklukkan satu per satu pebalap di depannya. Dibantu performa buruk para rider Yamaha sepanjang balapan, Alex akhirnya bisa naik ke baris terdepan menjelang akhir balapan termasuk mendahului Andrea Dovizioso yang kehilangan grip ban belakang.

Sampai akhirnya Alex mampu menyalip Pol Espargaro untuk finis posisi kedua pada balapan ini di belakang Danilo Petrucci, sekaligus meraih podium pertamanya bersama Repsol Honda. Ini juga jadi balapan basah pertama dalam karier Alex.

Alex pun setidaknya bisa tersenyum karena bisa meraih podium pertama dalam kariernya di MotoGP. Lalu kira-kira kapan Alex Marquez mau menang?

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: detikcom

Share    

IDWS Promo