IDWS.ID

Otomotif

Valentino Rossi Selamat Dari Kecelakaan Horor MotoGP Austria: 'Saya Pikir Itu Helikopter'

17 Aug 2020

Pebalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, terlihat begitu syok setelah selamat secara tipis dari tabrakan horor yang terjadi di MotoGP Austria 2020 hari Minggu (16/8/2020) kemarin.

IDWS, Senin, 17 Agustus 2020 - The Doctor nyaris menjadi korban dari kecelakaan maut yang melibatkan Johann Zarco (Reale Avintla Racing) dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) di tikungan 3 sirkuit Red Bull Ring.

Bermula dari motor Zarco yang menabrak motor Morbidelli dari belakang, kedua pebalap itu terpental dari masing-masing kendaraan, sedangkan motor mereka terus berguling dengan kecepatan tinggi hingga menyeberangi jalur, nyaris mengenai Valentino Rossi yang tengah lewat.

 

 

Dari tayangan ulang, nampak Rossi selamat dari insiden horor tersebut hanya dalam hitungan milimeter. Andai kecepatan pebalap asal Italia itu sedikit saja lebih cepat atau lambat, maka ia dipastikan akan terhantam motor Morbidelli yang tengah terpelanting dengan kecepatan tinggi.

 

Detik-detik Valentino Rossi nyaris terkena motor Morbidelli. (YouTube/MotoGP Highlights)

Pembalap Italia berjulukan The Doctor itu sempat menengok ke samping kanan dan kiri saat ada bayangan motor yang melintas di atas dan di depannya. Namun, dia masih belum mengetahui secara pasti apa yang terjadi.

 

Ekspresi syok Valentino Rossi setelah baru saja hampir terlibat kecelakaan horor di MotoGP Austria 2020. (Foto: MotoGP)

Rossi baru terlihat gemetaran ketika berada di dalam garasi Yamaha, setelah race stewards memutuskan untuk mengeluarkan bendera merah alias red flag untuk menghentikan sementara balapan.

"Saya bersama [Maverick] Vinales, kami melambat saat berbelok di tikungan 3. Saya melihat bayangan datang, saya pikir itu helikopter yang biasa mengikuti kami," ujar Rossi dikutip Moto.it.

 

Detik-detik Valentino Rossi nyaris terkena motor Morbidelli, dilihat dari kamera depan motor Rossi. (YouTube/MotoGP Highlights)

"Tetapi ternyata bukan. Dua benda datang. Saya melihat motor Zarco, kalau motor Yamaha Morbido saya tidak melihatnya," ucap Rossi menambahkan.

Insiden horor ini sedikit banyak mengingatkan pada kejadian serupa di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada tahun 2011. Pada saat itu, Valentino Rossi juga berada sangat dekat dengan insiden kecelakaan maut yang melibatkan mendiang Marco Simoncelli.

MotoGP Austria 2020 sendiri dimenangi pembalap Ducati Andrea Dovizioso, disusul Joan Mir dari Suzuki dan Jack Miller. Sementara itu, Rossi yang start dari posisi ke-10 finis kelima.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo