IDWS.ID

Olahraga

Kalahkan Para Raksasa, Ginting Juara Cina Terbuka

24 Sep 2018

IDWS, Guangzhou, 23 September 2018 - Setelah gagal meraih emas pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Anthony Sinisuka Ginting membalasnya dengan kemenangan meyakinkan di China Open setelah mengalahkan pebulutangkis Jepang Kento Momota dalam dua set dengan skor 23-21, 21-19 pada pertandingan final. 

Ginting berhak atas hadiah senilai USD 70,000 (sekitar 1 milyar rupiah) atau 7 persen dari total hadiah senilai USD 1 juta yang diperebutkan dalam Super 1000, kejuaraan bulutangkis bergengsi di dunia berhadiah total USD 1 juta. Hanya ada tiga kejuaraan yang masuk dalam kategori Super 1000, yakni All England, Indonesia Open dan China Open. 

Meski sepintas Ginting menang langsung dua set, ranking 2 dunia Kento Momota memberikan perlawanan sengit dan selalu unggul hingga jeda interval di kedua game. 

Kemenangan Ginting dalam China Open kali ini bisa dibilang mengejutkan karena pada perjalanannya menuju podium pertama, ia merontokkan beberapa pebulutangkis tenar yang memiliki ranking lebih tinggi dari dirinya di peringkat pebulutangkis dunia BWF (per 20 September 2018). Prestasi ini membuatnya mendapat julukan Giant Slayer. Ginting sendiri bertengger di peringkat 13. 

 


Yonex All England langsung melontarkan tantangan untuk Ginting selepas kemenangannya di China Open. "Selanjutnya ke Birmingham untuk gelar Super 1000 lainnya di bulan Maret?"

Hari pertama turnamen (18/9), Ginting musti berhadapan dengan legenda bulutangkis China Lin Dan, dimana ia keluar sebagai pemenang melalui tiga set pertandingan (22-24, 21-5, 21-19). Kemudian ia harus berhadapan dengan pebulutangkis Denmark, Viktor Axelsen yang baru beberapa hari sebelumnya dinobatkan menjadi pebulutangkis nomor 1 dunia. Ginting tak pandang bulu dan menyudahi perlawanan Axelsen hanya dalam dua set, 21-18-21-17. 

 

Seorang netizen memposting foto Ginting memenangkan kejuaraan bulutangkis berhadiah "hanya" Rp 750 ribu yang disandingkan dengan fotonya mendapatkan USD 70 ribu dari menjuarai China Open

Chen Long, peringkat 6 ranking dunia BWF menjadi penghalang langkah Ginting berikutnya. Namun Ginting tak bergeming dan mengalahkan Chen Long setelah pertandingan sengit dengan skor 18-21, 22-20, 21-16. Selepas Chen Long, Ginting berhadapan dengan Chou Tien Chen (Taiwan) yang satu ranking lebih tinggi dari Chen Long dimana Ginting terus melaju tak terhenti setelah membuat Chou Tien Chen bertekuk lutut 12-21, 21-17, 21-15. 

Kesuksesan Ginting tentunya membuat bangga rakyat Indonesia, terutama netizen. Cuitan tentang Ginting ramai diperbincangkan di Twitter. Sedangkan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi tak ketinggalan mengucapkan selamat melalui akun Twitternya. (Stefanus/IDWS)

 

 


Sumber: BBC Indonesia

 

Share    

IDWS Promo

IDWS Event