IDWS.ID

Olahraga

Lagu Indonesia Raya Berkumandang di Brazil

16 Jul 2018

Timnas Wushu Indonesia meraih 1 medali emas, 4 medali perak, dan 5 medali perunggu dalam Kejuaraan Dunia Junior Wushu di Brasilia, Brazil, yang berlangsung sejak 9 Juli lalu hingga 16 Juli 2018. 

 

 

Medali perak yang diraih Indonesia dipersembahkan oleh Jevon Kusmoyo, yang bermain di nomor Taijiquan B. Hasil tersebut, dikutip dari Antara, merupakan pernyataan tertulis dari Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI) pada Sabtu lalu. 

"Terima kasih Tuhan, tim kami berhasil mengoleksi satu medali emas, empat medali perak, dan lima medali perunggu," tutur  Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian sekaligus Ketua dari PBWI.

Hartarto optimis bahwa atlet-atlet wushu ke depannya dapat menunjukkan performa terbaik mereka untuk meraih lebih banyak medali. 

PBWI mengirim 20 atlet wushu junior yang terdiri dari 12 atlet taolu dan 8 atlet sanda. "Mereka adalah atlet-atlet dalam Kejuaraan Nasional Senior dan Junior Cup Kings di Yogyakarta, bulan Maret," tambah beliau.

Selain memenangkan medali emas tersebut, Jevon Kusmoyo juga memenangkan medali perak pada nomor Taiji. 3 medali perak lain dimenangkan masing-masing oleh Nadya Permata pada nomor Changquan, Joyceline di nomor Jianshu, dan Nadya Permata di nomor Ginshu A. 

Sedangkan kelima medali perunggu disumbangkan oleh Thalia Marvelina di nomor Gunshu, Nelson Louis di Nomor Jianshu, Patricia Geraldine pada nomor Jianshu, Ahmad Gifari pada nomor tombak, dan Jyceline pada nomor Nanquan B.  

Menurut Hartarto, wushu telah menjadi salah satu cabang olahraga yang bisa diandalkan oleh Indonesia. Dalam kejuaraan wushu di Moscow, Rusia, Februari lalu, tim Merah Putih berhasil meraih 3 medali emas, 2 medali perak, dan 1 medali perunggu. Sebelumnya lagi, pada Kejuaraan Dunia Wushu ke-14 di Kazan, Rusia, yang diikuti oleh 60 negara, Indonesia berhasil mengoleksi 1 medali emas, 4 medali perak, dan 1 perunggu. 

"Dalam Asian Games 2018, sebagai tuan rumah, kami berharap agar sukses juga dalam event besar tersebut. Wushu akan menjadi satu dari cabang unggulan untuk meraih emas dalam Asian Games 2018," tutup Hartarto. 

Share    

IDWS Promo

IDWS Event