IDWS.ID

Fotografi

Pemandangan Menakjubkan dari Aurora Borealis yang Jarang Terlihat

01 Mar 2019

IDWS, Jumat, 1 Maret 2019 - Foto-foto menakjubkan di bawah ini menunjukkan mengapa seharusnya kamu memerhatikan pemandangan di luar kaca jendela pesawat dari pada smartphone, layar TV atau tablet saat terbang mengendarai pesawat komersil.

 

 

Fotografer pemenang penghargaan asal Norwegia, Espen Bergersen (38) tengah terbang di wilayah utara Norwegia dalam sebuah pesawat komersial berjenis Boeing 737 ketika tiba-tiba saja ia menyadari pancaran cahaya yang "menari" di tengah langit gelap.

 

 

Untuk mengabadikan Aurora Borealis tersebut, Espen menggunakan jaketnya untuk menutup jendela pesawat dari cahaya lampu kabin pesawat dan ia musti menahan nafas agar lensa kameranya tidak terkena embun, dilansir dari MailOnline Travel.

 

Menurut Espen, Gunung Otertind di Troms merupakan lokasi populer untuk mengabadikan Aurora

 

Ular-ular cahaya magis menari di atas sebuah mercusuar di Pulau Hornøya, lokasi paling timur dari Norwegia. Espen menjelaskan bahwa lokasi ini sang cocok bagi para pecinta burung karena terdapat ragam spesies burung dengan populasi besar di sana

 

Pada foto yang menakjubkan ini, Espen mengabadikan Aurora dengan latar belakang Galaksi Bima Sakti (Milky Way). "(Aurora) warna merah dan violet sangatlah langka dibandingkan warna hijau dan juga lebih sulit dilihat dengan mata telanjang. Kamera-kamera modern sudah lebih dari cukup untuk menangkap warna-warna ini namun tetap saja berbeda dengan melihat langsung dengan mata kepala sendiri

 

Berkat usahanya itu, ia sukses memperoleh foto-foto yang jernih akan fenomena langka tersebut dari kursi penumpang pesawat. "Saat itu aku berkeringat seperti seekor babi. Mengabadikan Aurora itu dari sebuah pesawat menyusahkan juga ternyata! Aku yakin pramugari keheranan atau curiga melihatku menutupi kaca jendela pesawat dengan jaket."

 

Northern Lights terlihat terang di Gunung Piggtinden di Troms

 

Sekelompok burung tengah menyaksikan tarian Aurora di langit. Gambar ini diambil di Kvalnes, Andøya

 

Menurut Espen, pantulan cahaya Aurora membuat laut nampak hijau dalam foto ini. Pegunungan yang terlihat merupakan Lyngen Alps yang populer sebagai area untuk skiing

 

Espen menceritakan bahwa gambar ini diambil pada 31 Januari di luar desa Lakselvbukt ketika Bumi tengah dihantam oleh badai geomagnetik. "Bagian paling intens dari Northern Light berlangsung selama 30 menit dan merupakan pemandangan paling menakjubkan yang pernah saya lihat sampai bulu kuduk saya berdiri!

 

Gambar ini diambil di Pulau Andøya di Norwegia. Menurut Espen, jika kamu beruntung, kamu bisa mengabadikan Aurora ketika sinar matahari terbenam masih terlihat

Espen memang telah lama mengejar Aurora — yang lebih dikenal sebagai Northern Lights di Norwegia, hingga ia menjelajahi lokasi-lokasi terpencil tanpa polusi cahaya. "Mengambil gambar dari Northern Lights itu memungkinkan menggunakan hampir semua kamera digital modern. Aku biasanya menggunakan lensa wide angle untuk mengkover porsi besar dari langit."

 

Aurora Borealis dilihat dari luar angkasa

 

Untuk melihat karya-karya menakjubkan Espen yang lain, kalian bisa mengunjungi laman Instagramnya.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Daily Mail

Share    

IDWS Promo