IDWS.ID

Fotografi

9 Trik Mengabadikan & Membagikan Momen Berkesan ke Media Sosial

06 Apr 2018

Generasi milenial yang peka terhadap lingkungan serta berbagai perubahan, kerap kali menangkap beragam momen untuk kemudian membagikannya di akun sosial media mereka - membuat platform sosial media kian ramai dengan konten visual, salah satunya Instagram. Momen traveling menjadi salah satu konten yang paling manarik perhatian dan disukai oleh generasi sekarang. Untuk itulah, smartphone dengan kamera terbaik menjadi perangkat andalan yang paling ampuh untuk mendukung hobi mereka ini, karena keseruan dalam traveling dapat diabadikan dan langsung diunggah ke Instagram tanpa perlu menunggu lama. 

Teknologi Dual Aperture pada Samsung Galaxy S9dan S9+ (F1.5/F2.4) mampu menghasilkan gambar yang tajam baik dalam kondisi cerah maupun redup


Saat traveling, berbagai momen epik dapat terjadi kapan saja, dimana saja, dan dalam kondisi apapun. Mengombinasikan bukaan (aperture) F2.4 dengan F1.5 - bukaan terbesar yang saat ini tersedia di kamera smartphone, teknologi dual aperture pada Galaxt S9 dan S9+ dapat beradaptasi dengan lingkungan untuk membantu pengguna mengabadikan momen dengan hasil yang menakjubkan di kondisi pencahayaan apapun. 

Fotografer yang juga aktif di sosial media, Putri Anindya, menceritakan berbagai momen cantik yang kerap ia temukan pada perjalanannya. Dengan banyaknya follower Instagramnya, Putri telah merasakan keseruan menangkap berbagai momen epik saat sedang traveling menggunakan Samsung Galaxy S9 dan S9+, serta ingin berbagi 9 cara jitu menangkap berbagai momen epik menggunakan Samsung Galaxy S9 dan S9+

1. Pastikan Kebersihan Lensa

Meski terdengar sepele, lensa memiliki peran penting dalam proses pengambilan gambar. Lensa yang ternoda dapat mempengaruhi gambar yang dihasilkan sehingga terlihat buram atau berkabur. 

2. Cek Kondisi Baterai

Terkadang pada saat traveling kita mengalami kesulitan dalam melakukan pengisian baterai. Salah satu trik menghemat baterai smartphone adalah dengan mengaktifkan airplane mode ditambah dengan Power Saving Mode yang terdapat pada Samsung Galaxy S9 dan S9+. Seri Galaxy S9 didukung baterai berkapasitas 3.000 mAh, sedangkan S9+ hadir dengan kapasitas 3.500 mAh - keduanya dirancang untuk menjadi teman perjalanan yang dapat diandalkan untuk menangkap setiap momen epik yang kamu temui sepanjang perjalanan. 

3. Menghadirkan Leading Lines

Leading lines merupakan garis dalam gambar yang membimbing mata menuju fokus sebuah gambar dan memberi efek sense of depth. Contohnya mengambil gambar garis pantai, jalan lurus yang terbentang di hadapanmu, atau pohon-pohon yang tertanam berjejeran. 

4. Perspektif yang Beragam

Dalam melakukan pengambilan gambar, maksimalkan kreativitas anda dalam mengambil perspektif, misal dari pinggir genangan air yang memantulkan keindahan gunung dan awan. Dilengkapi standar IP 68, Samsung Galaxy S9 & S9+ mampu berfungsi maksimal meski dipakai di dalam kolam air tawar hingga kedalaman 1,5 meter selama setengah jam. Memberi kita keleluasaan dalam memilih perspektif saat mengambil gambar. 

5. Perhatikan Kondisi Cahaya

Cahaya memiliki peran penting dalam menghasilkan kualitas gambar yang baik. Kondisi kelebihan atau kekurangan cahaya, dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan, seperti over exposure, blur, red eye, hingga noise. Namun kondisi ini bukan lagi menjadi masalah karena Samsung Galaxy S9 & S9+ hadir dengan teknologi dual aperture yang berfungsi seperti mata manusia - mampu menyesuaikan bukaan lensa sesuai dengan kondisi cahaya. Bukaan F/2.4 dan F/1.5 pada smartphone ini memungkinkan pengambilan gambar yang tetap optimal di segala kondisi pencahayaan, terang maupun redup. 

6. Bingkai dengan Frame

Menempatkan obyek dalam sebuah "bingkai", perhatian mata akan lebih fokus pada obyek tersebut. Bingkai dapat berupa jendela, cabang pohon, atau tangan kita sendiri, yang dapat digunakan untuk membingkai obyek. 

7. Temukan Keunikan Setiap Momen

Dari beragam keindahan yang ditangkap oleh layar, anda dapat menentukan satu obyek yang paling menarik untuk menjadi highlight dari gambar tersebut. Memanfaatkan fitur dual camera dan live focus pada Galaxy S9+, pengguna dapat mencuptakan efek bokeh yang epik, sehingga gambar tampak lebih dramatis. Bahkan tingkatan bokeh dapat diatur setelah foto diambil. 

8. Caption yang Bercerita

Caption yang menarik juga akan mendukung sebuah gambar dan menjadikannya semakin epik. Bercerita atau sekedar membuat kutipan kata yang puitis menentukan bagaimana orang yang membacanya akan merasakan secara emosional dari postingan Instagram. Samsung Bixby yang terdapat pada Samsung Galaxy S9 d& S9+ juga dapat membantu mencari referensi quotes dair sebuah momen atau obyek dengan sangat mudah. 

9. Nikmati Dengan Mata

Jangan lupa untuk menikmati momen yang tersaji di hadapan langsung dengan mata anda snediri, sebelum kemudian diabadikan dan dibagikan ke banyak orang. 

Share    

Hot Article

IDWS Promo

IDWS Event