IDWS.ID

Unik

Seorang Pria di China Terkena Tilang Hanya Karena Menggaruk Wajah Saat Mengemudi

29 May 2019

IDWS, Rabu, 29 Mei 2019 - Seorang pria di wilayah timur China dikenai denda setelah kamera pengawas lalu lintas yang dilengkapi artificial intelligence (AI) memotret dirinya tengah menggaruk wajahnya, dilansir dari BBC.

Dari laporan Jiu Evening Pos, pengemudi pria bermarga Liu itu tengah mengemudi pada hari Senin di Jinan, arah timur dari Provinsi Shandong di mana ia sempat mengangkat tangan kanannya untuk menggaruk sisi kanan wajahnya. Celakanya aksinya tersebut terjadi tertangkap oleh kamera pengawas lalu lintas.

Kemudian ia tiba-tiba menerima notifikasi yang memberitahu bahwa dirinya telah melanggar hukum lalu lintas "mengemudi sambil memegang sebuah telepon" sekaligus foto di mana ia dianggap "tindakan melanggar hukum" padahal sebenarnya hanya menggaruk wajah.

 

Liu membagikan salah paham yang terjadi pada dirinya di sosial media khusus China, Weibo. (SINA WEIBO)

Selain itu ia juga diberitahu bahwa ia akan menerima dua poin pinalti akan surat izin mengemudi (SIM) miliknya dan juga diperintahkan untuk membayar denda sebesar 50 yuan (US$7,25 atau Rp 104 ribu).

"Saya sering melihat di internet, orang-orang terekspos karena mengemudi sambil memegangi kaki [satu sama lain dengan orang di sampingnya], namun pagi ini, karena hanya menyentuh wajah saya sendiri, saya juga dilabeli 'melanggar hukum'," keluh Liu dikutip dari BBC.

Ia juga membagikan foto dirinya "melakukan tindakan melanggar hukum" yang dikirimkan dan ingin mengajukan protes kepada pihak otoritas untuk mengatasi masalah tersebut.

Melansir dari koran The Global Times, pihak otoritas lalu lintas kota tersebut dikabarkan telah mencabut tilang yang dilayangkan kepada Liu dan menjelaskan kepadanya bahwa kamera pengawas lalu lintas secara otomatis mengidentifikasi gerakan dari pengemudi lalu mengambil foto, di mana gerakan Liu menggaruk wajah salah ditafsirkan sebagai menelepon saat mengemudi.

Kesalahpahaman yang menimpa Liu ini mengundang tawa dari para netizen di China karena gestur tangan Liu memang terlihat seperti tengah menelepon sambil mengemudi, namun ada juga yang mengeluhkan kekhawatiran mereka akan tingkat pengawasan yang diberlakukan pemerintah China terhadap privasi rakyatnya.

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: BBC

Share    

IDWS Promo