IDWS.ID

Unik

Robot Raksasa Gundam yang Bisa Bergerak Direncanakan Rampung pada 2020

25 Nov 2018

Mecha dari serial anime Gundam akan dibuat dalam skala penuh dan bisa bergerak!

IDWS, Minggu, 25 November 2018 - Ada hal besar yang akan digelar di Jepang pada musim panas 2020. Bukan, kita tidak membicarakan soal Olimpiade Tokyo 2020 ya, namun tentang robot raksasa yang bisa bergerak!

 

Patung Gundam RX-78-2 skala 1:1 di Odaiba, Tokyo sebelum digantikan oleh patung Gundam Unicorn pada 5 Maret 2017. (Foto: muza-chan.net)

Beberapa tahun lalu, beberapa organizer mengumumkan tantangan Gundam Global Challenge, yakni pencarian bakat global dengan tujuan untuk meng-upgrade patung Gundam setinggi 18 meter di Tokyo agar bisa bergerak. Akan tetapi, pada 2017, patung orisinil Gundam yang dibuat berdasarkan RX-78-2 Gundam dari serial Mobile Suit Gundam tahun 1979 itu dibongkar lalu digantikan dengan patung Gundam Unicorn (Mobile Suit Gundam Unicorn) setinggi 19,7 meter.

 

Upacara peresmian Patung Gundam Unicorn di Odaiba, Tokyo

 

Dan meski patung Gundam Unicorn tersebut bisa "berubah wujud" dan bersinar, rupanya belum bisa memuaskan mimpi Jepang untuk melihat Gundam raksasa yang bisa bergerak.

Gundam sendiri adalah franchise serial anime mecha (robot) raksasa yang dipiloti oleh manusia (biasanya pemuda belasan tahun) dalam anime bertema konflik atau perang. Melalukan debut pada tahun 1979 berkat usaha keras sang kreator Yoshiyuki Tomino, serial Gundam pun melejit dan menjadi salah satu ikon terkenal dari negeri Sakura.

Dan menjelang perayaan 40 tahun dari serial Gundam, telah diungkapkan bahwa proyek Gundam Global Challenge masih berlanjut, dan para organizer telah memproyeksikan waktu perampungan dari Gundam bergerak yang direncanakan berikut dengan tempat di mana Gundam itu akan tinggal.

Gundam bergerak tersebut dijadwalkan akan debut di depan publik pada musim panas 2020 di Tembok Laut Yokohama (Yokohama Pier), bagian dari dermaga Yokohama, sekitar 30 menit perjalanan dari Tokyo Selatan.

Meski para organizer belum memberi konfirmasi apakah Gundam bergerak tersebut akan dibuat menggunakan komponen dari patung lama, Gundam bergerak itu juga dipastikan akan bertinggi 18 meter.

 

Yokohama terpilih menjadi tempat kelahiran Gundam bergerak

Patung Gundam Unicorn skala 1:1 di Odaiba Tokyo. (Foto: ungeek.ph)

Melihat dari besarnya skala dari proyek ini, ada banyak sains dan keahlian teknik yang terlibat. Dan karena ukurannya, patung Gundam raksasa yang bisa bergerak itu dikualifikasikan sebagai karya seni. Gundam Factory Yokohama, sebutan dari megaproyek tersebut sekaligus venue-nya juga akan mengadakan beberapa eksibisi yang menjelaskan proses pendesainan sekaligus memberi edukasi dan aspek kultur, selain tentunya tujuan utama yakni entertainment nasional, atau mungkin ikon baru dari Jepang.

Mengenai alasan kenapa dipilihnya Yokohama dari pada Tokyo, website resmi dari Gundam Factory Yokohama menuturkan bahwa kota tersebut dipilih karena statusnya sebagai salah satu kota pertama yang membuka kontak dengan dunia luar sejak Jepang membuka diri kepada dunia. Jepang memang sempat memutus kontak dengan negara-negara lainnya pada era feudal, mengisolasi dirinya sendiri. Hal itu membuat Yokohama sebagai kota pelabuhan menjadi salah satu gerbang masuk akan ide-ide dan teknologi ke Jepang, membawa banyak dampak positif bagi negeri Sakura tersebut. Semangat ini lah yang ingin ditiru dari Gundam Factory Yokohama. (Stefanus/IDWS)

Sumber

Share    

IDWS Promo

IDWS Event