IDWS.ID

Unik

Provinsi 'Batman' di Turki Membuat Petisi Untuk Mengubah Garis Perbatasannya Menjadi Logo Batman

14 Aug 2018

Tahu Batman? Pasti dong. Siapa sih yang nggak tahu dengan sosok ikonik yang memerangi kejahatan dari DC Comics ini. Nah, kalau Provinsi Batman pernah dengar? Eits ini bukan becanda ya. Provinsi Batman beneran ada lho! Tapi bukan provinsi tersebut bukan milik Bruce Wayne ya. 

Sebuah provinsi di sebelah Tenggara Turki yang bernama Provinsi Batman sedang mencoba untuk merubah garis perbatasannya agar menyerupai logo dari sosok Hero ikonik DC Comics, Batman. Usaha yang terbilang nekad itu dipimpin oleh seorang warga lokal bernama Kemal Atakan Kirca. 

Ia mengumpulkan tanda tangan sebagai bukti dukungan agar pemerintahan lokal mengubah bentuk garis batas Provinsi Batman agar mirip dengan logo Batman. Petisi tersebut masih berlaku online di website Change.org

"(Provinsi) Batman butuh beberapa perubahan! Kita bisa memulainya dari garis batas. Dengan mengubah garis batas, kita bisa membuatnya lebih realistis," bunyi petisi tersebut. Petisi tersebut telah mengumpulkan lebih dari 15.000 tanda tangan hanya dalam waktu lima hari! 

Provinsi tersebut, yang dilafalkan 'Baht-mahn' dinamai dari satuan berat (sejenis kilogram dsb. ) lama yang dulu dipakai Turki. Provinsi ini dihuni oleh sekitar 50.000 penduduk dan bahkan nama ibukota provinsi tersebut mengambil nama Batman dan juga sebuah sungai yang mengalir di sepanjang provinsi itu. 


Walikota Batman pernah mencoba menuntut Warner Bros atas dasar pelanggaran royalti. 

Ini bukan pertama kalinya provinsi ini mencoba untuk lebih diasosiasikan dengan sang superhero. Pada tahun 2008 silam, walikota Batman saat itu, Huseyin Kalkan mengumumkan keinginannya untuk menuntut Warner Bros dan sutradara Christopher Nolan karena menggunakan nama kotanya dalam film "Batman Begins serta "The Dark Knight" tanpa membayar royalti. 

Tuntutan tersebut tak pernah terjadi, besar kemungkinan karena komik Batman sendiri diciptakan pada era 1930an, dua dekade penuh sebelum kota itu mengadopsi nama batman. Lucunya para penggemar dari ide perubahan garis batas tersebut malah mengusulkan agar mengubah nama ibukota provinsi Batman menjadi Gotham, nama dari kota kampung halaman Batman di dalam komik dan film. 

Tapi agaknya ide tersebut kurang tepat karena berkebalikan dengan Gotham yang korup dan penuh masalah di mana-mana serta kejahatan merajalela, Turki dan Provinsi Batman adalah tempat yang nyaman dan indah untuk tinggal. 

Petisi tersebut tampaknya tak akan mengubah apapun karena memang kurang signifikan, namun tak diragukan lagi hal tersebut dapat menaikkan potensi pariwisata lokal seiring dengan banyaknya orang-orang yang memasukkan nama provinsi ini ke mesin pencari Google. Lebih dari 1,5 juta turis asing mengunjungi negara ini hanya pada periode Januari 2018 saja. Banyak dari turis-turis tersebut datang dari negara tetangga seperti Iran, Bulgaria, dan Jerman. 


Sumber: Interesting Engineering

 

Share    

IDWS Promo

IDWS Event