IDWS.ID

Unik

Gedung Bertenaga Surya Penuh Pertama di Jepang

27 Feb 2018

Saga, Jepang – Gedung pertama di negeri sakura yang seluruh kebutuhan energinya ditenagai oleh sinar matahari sudah buka mulai senin kemarin di kota Saga. Adalah Daiwa House Industry Co. yang mempromosikan gedung 2 lantai seluas 2,400 meter persegi dengan slogan “Gedung dengan energi gratis” yang mengompensasi kebutuhan akan energi primer dengan menggunakan energi terbarukan yang diproduksi di tempat.

Dilansir dari thejapantimes, gedung baru ini akan digunakan sebagai kantor Daiwa House Industry Co. cabang kota Saga sekaligus mendemonstrasikan tipe gedung kantoran ramah lingkungan yang dapat dibangun oleh perusahaan tersebut untuk perusahaan-perusahaan lain.

Listrik yang dihasilkan oleh 320 panel surya yang terletak di atap disimpan di baterai-baterai lithium-ion di mana kemudian akan memasok kebutuhan tenaga listrik dan menjaga gedung tetap berfungsi di malam hari.

Gedung ini mengklaim menggunakan fasilitas-fasilitas hemat energi seperti AC yang menggunakan panas matahari serta air sumur, yang diperkirakan menghemat biaya listrik hingga 7 juta yen per tahun dibandingkan dengan fasilitas konvensional dengan skala yang sama.

Penggunakan energi konvensional akan digunakan hanya jika gedung tersebut tidak mampu menghasilkan cukup energi untuk kebutuhannya seperti pada saat cuaca buruk berkepanjangan. Total biaya pembangunan gedung ini mencapai 900 juta yen, yang sebagian ditanggung oleh pemerintah.

“Kami ingin mempromosikan teknologi ramah lingkungan sejalan dengan makin meningkatkan kesadaran publik akan penghematan energi,” tutur pihak Daiwa House.

 

Share    

IDWS Promo

IDWS Event