IDWS.ID

Movies

Netflix Akan Hidupkan Kembali Anime 'Ghost in the Shell' pada 2020

10 Dec 2018

Motoko Kusanagi Comeback di tahun 2020

IDWS, Senin, 10 Desember 2018 - Netflix seolah tak pernah berhenti memproduksi konten-konten menarik. Setelah sebelumnya mengumumkan proyek anime original serta adaptasi live-action dari Cowboy Bebop, Kini Netflix kembali membuat kejutan dengan menghidupkan kembali serial anime klasik Ghost in the Shell.

 

Sekedar informasi, Ghost in the Shell adalah waralaba anime yang telah tayang dalam jangka waktu lama. Bermula dari manga cyberpunk ikonik di tahun 1989 karya Masamune Shirow, Ghost in the Shell mengikuti kisah seorang cyborg bernama Mayor Motoko Kusanagi yang bekerja untuk organisasi anti-cyberterrorist yang disebut Public Security Section 9.

Manga tersebut lalu diadaptasi ke beberapa serial anime TV lengkap dengan prekuel dan sekuel serta adaptasi live-action dari Paramount yang kontroversial karena mendapuk Scarlett Johansson sebagai pemeran dari Major Kusanagi yang jelas-jelas orang Jepang.

Pengaruh dari Ghost in the Shell dalam industri anime sudah tak perlu diragukan lagi. Namun mungkin tak banyak yang tahu bahwa pengaruhnya sampai ke seberang samudra sampai-sampai trilogi The Matrix yang sangat populer juga terinspirasi dari anime futuristik ini.

Ghost in the Shell terbaru dari Netflix ini (belum jelas apakah dalam format serial atau film layar lebar) akan menjadi anime original teranyar Netflix dan dijadwalkan rilis pada 2020 dengan judul Ghost in the Shell: SAC_2045.

 

Digarap oleh Kolaborasi Shinji Aramaki & Kenji Kamiyama

Kabar gembira bagi para penggemar Ghost in the Shell karena untuk menggarap SAC_2045, Netflix mempercayakan salah satu mantan sutradara dari serial anime cyberpunk itu. Kenji Kamiyama (Ancient and the Magic Tablet, serial Eden of the East, Ghost in the Shell: Stand Alone Complex) dan studio anime Production I.G akan berkolaborasi dengan sutradara sekaligus pioner dari penggunaan 3D CG dibalik serial Appleseed, Shinji Aramaki dan Sola Digital Arts.

Detail cerita untuk SAC_2045 belum diketahui, namun sebuah artwork karya tangan yang menggambarkan Mayor Motoko Kusanagi telah dirilis Netflix.

Sumber: Netflix

Manga dan serial anime Ghost in the Shell pada intinya mengambil latar belakang Jepang di masa depan, di mana manusia bisa mengganti tubuh asli mereka dengan cyborg, termasuk otak mereka. Kemajuan teknologi yang sangat pesat juga memacu maraknya kejahatan siber (cybercrime). Di sinilah, Motoko Kusanagi dan Public Security Section 9 diceritakan memerangi para hacker maupun kelompok bersenjata bahkan politikus dan korupsi.

Dengan Ghost in the Shell: Stand Alone Complex - Solid State Society yang rilis pada 2006 mengambil latar belakang tahun 2034 (2 tahun setelah Ghost in the Shell: S.A.C. 2nd GIG), kemungkinan besar SAC_2045 merupakan sekuelnya.

Ghost in the Shell terkenal akan garis cerita yang rumit dan kompleks, serta moral dan kemanusiaan sering dipertanyakan. Sering kali butuh menonton lebih dari satu kali agar bisa memahami ceritanya. Selain itu, serial Ghost in the Shell juga terkenal akan grafik serta desain karakter maupun panorama dan mecha yang luar biasa. (Stefanus/IDWS)


Sumber: Netflix, animationmagazine.net, The Verge

Share    

IDWS Promo