IDWS.ID

Movies

Pencipta SpongeBob SquarePants Meninggal Dunia di Usia 57 Tahun

28 Nov 2018

Mantan guru biologi

IDWS, 28 November 2018 - Stephen Hillenburg, mantan guru biologi kelautan sekaligus pencipta serial kartun anak-anak yang sangat populer di dunia "SpongeBob SquarePants," meninggal dunia pada hari Senin (26/11/2018) di usia 57 tahun dan baru diumumkan oleh jaringan TV kabel Nickelodeon pada Selasa (27/11/2018) kemarin.

 

 

Ia dikabarkan meninggal karena penyakit Lou Gehrig's disease atau dikenal juga sebagai ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis). Hillenburg memang pernah mengumumkan bahwa ia mengidap penyakit tersebut pada tahun 2017 silam.

SpongeBob SquarePants merupakan serial kartun anak-anak yang melakukan debutnya di Amerika Serikat pada 17 Juli 1999. Kartun tersebut mengisahkan kehidupan absurd dari berbagai biota laut yang tinggal di kota bawah laut bernama Bikini Bottom. Cerita dari SpongeBob SquarePants berpusat pada keseharian trio "sahabat" yakni SpongeBob (spons laut), Patrick Star (bintang laut), dan Squidward (cumi-cumi) yang lucu dan konyol.

Dengan format 11 menit tiap episode (2 episode untuk sekali tayang), SpongeBob terbukti sangat disukai oleh anak-anak usia 13 tahun ke bawah dan bahkan para penonton dengan usia yang jauh lebih tua pun turut menikmatinya.

 

Pertunjukan musikal Broadway dari SpongeBob SquarePants. (Sara Krulwich/The New York Times)

SpongeBob SquarePants menghasilkan 2 film layar lebar pada tahun 2004 dan 2005, ditambah dengan sebuah pertunjukan musikal yang mendapat 12 nominasi dalam Tony Awards (dan memenangkan satu nominasi, yaitu kategori sceneric design). Pertunjukan musikal tersebut mengakhiri performanya pada bulan September lalu dengan membukukan total 327 kali penampilan.

 

Mengenal Stephen Hillenburg lebih dekat

 

Stephen  Hillenburg, kreator dari "SpongeBob SquarePants". (Foto: Kiri - Charles Sykes/Invision/AP; Kanan - AP Photo/Nickelodeon)

Stephen McDannell Hillenburg lahir pada tanggal 21 Agustus 1961 di Fort Sill, Lawton, Okla, Amerika Serikat, yang merupakan tempat ayahnya (Kelly) berasal. Sang ibu, Nancy (Dufour) Hillenburg mengajar murid-murid dengan gangguan daya pandang.

Stephen Hillenburg lulus dari Universitas Negeri Humboldt di California pada 1984 dengan gelar sarjana perencanaan dan interpretasi sumber daya yang berfokus pada sumber daya kelautan. Ia lalu mengajar mata pelajaran biologi kelautan di Institut Kelautan Orange County (sekarang Ocean Institute) di Dana Point, Calif.

Beliau juga dikenal tertarik akan menggambar, di mana ia pernah mempelajari animasi eksperimental di Institut Seni California hingga menerima gelar master of fine arts di tahun 1992.

Dari tahun 1993 hingga 1996, ia menjadi penulis naskah dan sutradara bagi serial kartun Nickelodeon berjudul "Rocko's Modern Life," di mana di sana lah ia berjumpa dengan orang-orang yang kelak membantu dirinya mengembangkan SpongeBob, salah satunya Tom Kenny yang menjadi pengisi suara dari karakter utama SpongeBob.

 

Lagu tema dari SpongeBob SquarePants

Mengenai ide dari karakter SpongeBob, menurut Hillenburg, pada awalnya ia tengah menggambar beberapa spons laut alami dengan berbagai bentuk. Lalu ia menggambar spons berbentuk kotak dan hasilnya terlihat lucu. Hillenburg pun lalu berpikir bahwa tokoh kartun spons berbentuk kotak sangat mudah untuk dikenali dan sesuai dengan tipe karakter yang telah lama ia cari-cari — terlihat culun dan maniak kebersihan.

Seiring dengan berjalannya waktu, serial kartun SpongeBob SquarePants pun makin disukai dan meluas, sampai-sampai menarik beberapa bintang top untuk menjadi bintang tamu pengisi suara seperti David Bowie, Tina Fey, Mark Hamill, Lewis Black, Betty White, Jeffrey Tambor, David Hasselhoff, Antonio Banderas, dan masih banyak lagi.

Stephen Hillenburg meninggalkan seorang istri (Karen), seorang anak laki-laki (Clay), sang ibu (Nancy) dan seorang saudara (Bryan). (Stefanus/IDWS)


Sumber

Share    

IDWS Promo

IDWS Event