IDWS.ID

Movies

 Breaking News

Film 3 Srikandi Angkat Perjuangan Atlet Panahan Perempuan

28 Jul 2016

Film terbaru Multivision Plus (MVP) Pictures yang berjudul 3 Srikandi, tidak hanya bercerita tentang cabang olahraga panahan, tetapi juga mengungkap fakta sejarah. Film ini dengan bagusnya menceritakan perjuangan tiga atlet panahan perempuan Indonesia, Nurfiriyana Saiman, Kusuma Wardhani, dan juga Lilies Handayani, menuju Olimpiade pada tahun 1988.

 

Ketiga wanita yang dijuluki 3 Srikandi ini berhasil meraih medali pertama untuk Indonesia dalam Olimpiade yang diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan. Namun siapa sangka, ternyata dibalik keberhasilannya itu, mereka harus menghadapi banyak kesulitan.

 

Nurfitriyana Saiman (Bunga Citra Lestari) harus kabur dari rumah untuk ikut pelatnas karena tidak mendapat izin dari ayahnya untuk menjadi atlet panahan. Kusuma Wardhani (Tara Basro) bersikukuh ingin berjuang di cabang olahraga panahan meski ia hidup dalam kemiskinan. Sedangkan Lilies Handayani (Chelsea Islan) harus kehilangan ibunda tercinta beberapa hari sebelum Olimpiade berlangsung.

 

Ketiganya kemudian dipersatukan di bawah asuhan pelatih Donal Pandiangan (Reza Rahardian), yang semasa mudanya pernah menjadi atlet panahan nasional. Donald dikenal dengan gaya melatihnya yang keras dan tegas meski kepada atlet-atlet perempuan.

 

Produser 3 Srikandi, Raam Punjabi, mengaku kisah ketiganya penting untuk diabadikan dalam sebuah film. Perjuangan atlet-atlet tersebut tidak hanya menginspirasi, tetapi juga dianggap sebagai catatan sejarah.

 

"Ini membuat penonton terdorong jiwa nasionalismenya untuk membuat sesuatu bagi negeri," ujar Raam seperti dilansir laman Republika.

 

Baginya, film 3 Srikandi tidak semata-mata film dengan tema olahraga. Film ini dikemas khusus untk bicara tentang arti dukungan keluarga dan arti sebuah perjuangan untuk mengharumkan nama bangsa.

 

Lilies Handayani, mantan atlet panahan yang tokoh ya diperankan Chelsea Islan, mengaku sangat bangga kisahnya bisa difilmkan. Menurutnya film 3 Srikandi ini layak ditonton oleh semua kalangan karena mengandung banyak nilai positif, salah satunya adalah pantang menyerah.

 

"Kita sebagai sejarah pembuka pintu gerbang medali bagi Indonesia di Olimpiade, setelah 36 tahun. Kita belajar kalau masalah banyak, tetapi kita lihat solusi untuk menjadi apa yang kita inginkan," tutur Lilies.

 

Film yang disutradarai Iman Brotoseno ini rencananya akan tayang di bioskop pada 4 Agustus mendatang. Aktor-aktor lain yang turut mendukung antara lain Indra Birowo, Donny Damara, Detri Warmanto, Mario Irwinsyah, dan Steny Agustaf.

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th