IDWS.ID

Movies

10 Series Kamen Rider yang Pernah Tayang di Layar Kaca Indonesia

16 Feb 2016

Kamen Rider akan mulai debut filmnya pada Maret 2016 mendatang, tapi sebelum kamu menonton filmnya tak ada salahnya kamu mengingat kembali sosok di ksatria Baja Hitam yang pernah tayang di layar kaca Indonesia.

Kamen Rider jika diartikan terdiri dari dua kata yakni bahasa kamen berarti topeng dan rider maksudnya penunggang motor. Jadi, Kamen Rider itu tak jauh dri motor jadi sudah sepantasnya si Ksatria ini mempunyai motor segabai tunggangannya dalam beraksi menumpaskan kejahatan. Tapi, tidak semua tunggangan yang digunakan beroda dua, ada juga yang memiliki tunggangan mobil. Selain itu Rider Kick juga menjadi serangan andalan yang dipakai hampir di semua Kamen Rider Series, terutama Kamen Rider Era Showa. 

Kamen Rider yang sudah pernah tayang selama ini sebanrnya sudah mencapai 26 series yang sudah ditayangkan di Negeri Sakura. Dari sekian banyaknya series yang sudah tamat, tidak semua series tayang di layar kaca Indonesia. Nah, kali ini team IDWS akan mengulas series Kamen Rider yang pernah mampir di Indonesia. Apa sajakah itu?

1. Kamen Rider Black

Inilah yang membuat Kamen Rider lebih dikenal dengan sebutan Ksatria Baja Hitam di Indonesia. Series Kamen Rider yang tayang perdana di Indonesia berlangsung dari tahun 1993-1994 oleh stasiun TV RCTI dan akhirnya ditayangkan ulang oleh Indosiar pada tahun 2004. 

Kesuksesan Kamen Rider Black ini membuat rumah produksinya melanjutkan series kamen rider black menjadi Kamen Rider Black RX. Kepopuleran Kotaro Monami di Indonesia pada generasi 90 an. 

 

2. Kamen Rider Black RX

Series kedua yang tayang ini menjadi series yang paling populer di Indonesia. Kamen Rider Black RX di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Ksatria Baja Hitam RX. Sebagi lanjutan dari series awalnya, Kamen Rider Black RX ini memiliki jurus andalan yang masih sama dengan Kamen Rider Black yaitu Rider Kick atau Tendangan Maut dan Rider Punch atau Pukulan Maut. Bahkan di KBH RX ini dia sudah memiliki senjata Light Saber yang dialihbahasakan menjadi Pedang Matahari.

 

3. Kamen Rider Super-1

Di Indonesia series ini dikenal dengan sebutan Ksatria Baja Hitam Super One. Series ini tayang pada tahun 1995 dan ditayangkan oleh RCTI. Menariknya, ternyata series Kamen Rider Super-1 ini lebih dahulu tayang di Jepang sebelum Kamen Rider Black dan Kamen Rider Black RX.

 

4.  Kamen Rider Kuuga

Series keempat yang tayang di Indonesia terlampau waktu yang cukup jauh yaitu tayang pada tahun 2002-2004. Hal ini dikarenakan pernah terjadi pemutusan penayangan dari pihak RCTI sendiri. 

Penampilan Kamen Rider Kuuga ini berbeda dengan series sebelumnya, Kuuga memiliki senjata yang berbeda-beda. Senjata diperoleh dengan memegang benda-benda tertentu. Perubahan itu terjadi ketika Kuuga memegang tongkat panjang maka akan berubah menjadi toya. Kemudian, ketika Kuuga memegang sebuah pistol maka akan berubah menjadi busur. Dan pada mode ungu, stang motor bisa berubah menjadi pedang.

 

5. Kamen Rider Agito

Selisih waktu 1 tahun yang pernah di berhentikan penayanganya oleh RCTI, tak lama di tahun 2005 Indonesiar mengambil alih penayangan di series kelima. Di series ini mode henshin mirip dengan kamen rider terdahulu yaitu menggunakan belt konvensional.

 

6. Kamen Rider Ryuki

Kembali hadir di RCTI, pada tahun 2006 dan ditayangkan kembali oleh Indosiar pada tahun 2007-2008. 

Nah, pada series ini Kamen rider mulai mengawali kamen rider dengan basis kartu. Mode henshin dilakukan dengan memasukkan kartu ke dalam belt. Uniknya kamen rider Ryuki bisa masuk ke dunia cermin.

 

7. Kamen Rider Faiz (Kamen Rider 555)

Stasiun TV Indosiar menayangkan Kamen Rider Faiz pada tahun 2006. Kamen Rider Faiz ini biasa disebut juga sebagai Kamen Rider 555 karena mode berubahnya dengan menekan ponsel dengan angka 555 yang kemudian dimasukkan ke dalam belt, dan Kamen Rider pun berubah.  Armor kamen rider faiz tergolong unik, karena bisa bersinar dalam gelap (glow in the dark).

 

8. Kamen Rider Blade

Series selanjutnya ditayangkan stasiun TV ANTV di tahun 2007-2008. Kamen Rider ini tampil hampir sama dengan series sebelumnya yaitu Kamen Rider Ryuki yang menggunakan mode kartu.

 

9. Kamen Rider Den-O

Pada tahun 2010 series ini tayang di TransTV. Sama halnya dengan Kamen Rider Blade dan Kamen Rider Ryuki, Kamen Rider Den-0 juga memakai tipe kartu. Di series ini komedi mulai muncul. 

 

10. Kamen Rider OOO

Ini dia kamen rider yang bertipe medali. Series ini tayang tahun 2014 di Indosiar, setiap hari Minggu. Menariknya, Kamen Rider 000 ini menggunakan mode power up yang paling banyak jika dibandingkan dengan kamen rider series lainnya, tercatat 219 kombinasi mode perubahan yang bisa dilakukan oleh kamen rider OOO.

Share    

IDWS Promo