IDWS.ID

Movies

3 Film Hollywood Terkenal Ini Ternyata Buatan Jepang!

15 Feb 2016

Mungkin kamu menyangka film Hollywood yang tayang di layar lebar hanya di produksi oleh orang Hollywood (sebuah distrik di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Sumber: Wikipedia). Tapi, dibalik kesuksesan film yang membawa nama Hollywood itu ternyata ada fakta menarik yang perlu kamu ketahui.

Kamu yang pernah menonton film Transformer yang di garap dibawah naungan Paramount Pictures itu mungkin akan berpikir itu buatan langsung dari orang-orang Hollywood, tapi sayangnya dibalik terkenalnya nama Hollywood itu, Jepang lebih memiliki kekuasaan dalam film tersebut.

Bukan hanya Transformer yang seolah-olah garapan dari Hollywood, masih bnayak sederetan film yang sukses karena dianggap film Hollywood, film apa saja sih?

Team IDWS sudah merangkum deretan film yang melambung tinggi di bendera Hollywood yang ternyata itu semua karangan dari negara Jepang. Yuk simak film apa sajakah itu!

1. The Ring 

Film horror ini di adaptasi dari novel yang dikarang oleh Koi Suzuki dengan judul novel Ringu. Novel yang dirilis di Jepang pada tahun 1991 itu sukses menarik perhatian pecinta novel, dan ahirnya pada 1998 dibuatkanlah sekuel dan prekuelnya, bahkan terakhir dibuatkan film versi 3D yang berjudul Sadako. 

Film ini berhasil menjadi film horror yang suskes di berbagai negara termasuk di Indonesia. Kesuksesannya menarik perhatian Korea dan di remake dengan judul The Ring di tahun 1999. Setelah itu, menyusul versi Hollywood nya di tahun 2002 yang disutradarai oleh Gore Verbinski. Sayangnya, film yang coba digarap kedua kalinya oleh sutradara asal Jepang, Hideo Nakata yang berjudul The Ring Two tidak banyak dilirik pecinta film horror.

 

2. Ju-On/ The Grudge

 

Film yang mendulang kesuksesan sama dengan The Ring ini berasal dari Negeri Matahari Terbit yang berjudul  Ju-On. Film ini mencapai ketenaran di mata Asia, dan akhirnya sampai di tangan Hollywood. Awalnya seri Ju-On ini berawal dari kutukan arwah mati yang mengenaskan yang digarap dengan bentuk format video pada tahun 2002 yang dirilis di bioskop dengan judul Ju-On:The Grudge. 

Film perdananya berhasil menarik perhatian produser Hollywood yakni Sam Raimi (sutradara trilogi Spider-Man) dengan mengangkat judul nama The Grudge saja. 

 

3. Transformers

Film satu ini bukan bergaya horror yang mengerikan. Film yang sebagian besar menggunakn konsep dasar dari Negeri Sakura ini ternyata datang dari seri mainan mobil yang dapat diubah bentuknya menjadi robot, yang disebut Diaclone dan Microman di tahun 1980.

Dengan debut mainan yang semakin tinggi itu, maka perusaahaan mainan asal AS memutuskan untuk mengimpornya dengan merubah nama brandnya. Kesuksesan mainan ini ternyata menginspirasi komika dengan diciptakannya serial kartun, komik, bahkan hingga dibuatkan film layar lebar. Tak tanggung-tanggung film ini justru sukses di belahan dunia. 

Share    

IDWS Promo